Tips Mengatasi Storage Penuh pada Smartphone

Terkadang tanpa Anda sadari penyimpanan internal smartphone telah penuh sehingga menyebabkan kinerja menjadi lambat atau bahkan tidak bisa di install aplikasi tambahan lagi. Ratusan foto, video atau file-file lainnya secara tidak langsung akan tersimpan di dalam storage dan membuat ponsel jadi lag. Padahal di zaman serba modern seperti ini, sudah tersedia media penyimpanan online seperti Cloud Storage  yang mampu menyimpan berbagai jenis data Anda.

Tips Mengatasi Storage Penuh pada Smartphone

Penyimpanan internal yang penuh sering mengganggu aktivitas chattingan atau saat kirim foto. tiba-tiba ada pemberitahuan pada layar smartphone bahwa internal storage yang penuh. Setelah muncul notif tersebut, Anda juga tidak bisa lagi menginstall aplikasi di play store yang disebabkan oleh memori tidak cukup. Karena itu juga, Anda harus menghapus beberapa file foto atau aplikasi yang terdapat pada storage. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini yang berisikan tips mengatasi storage penuh pada smartphone:

1. Bersihkan File Cache dan Sampah
Setelah Sobat Gaptex menggunakan ponsel seharian bahkan selama berbulan-bulan, mungkin Anda tidak pernah membersihkan cache atau sampahnya sama sekali. Hal inilah menjadi faktor utama memberatkan sistem memori internal smartphone. Meskipun sebenarnya file cache ini ukurannya kecil namun karena lama-kelamaan terus mengumpul tiap harinya, maka akhirnya dapat menjadi banyak. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus untuk menghapus cache seperti aplikasi Clean Master.

Artikel menarik:  Tips Fotografi Pakai HP Sekeren DSLR

2. Hapus Aplikasi atau Game yang Jarang di pakai
Kebanyakan Anda pernah menginstall aplikasi di playstore atau Appstore dan sangat jarang di buka atau dipakai. Sebaiknya lebih baik hapus atau uninstall aplikasi yang jarang di pakai supaya mengurangi memori RAM atau storage yang terpakai.

3. Memindahkan data ke Memori Eksternal
Cara lainnya untuk mengatasi storage penuh adalah dengan melakukan pemindahan data ke memori eksternal atau slot microSD. Cara memindahkannya dari pengaturan ke manager aplikasi lalu pilih aplikasi Anda dan cari tulisan “Move to SD Card”. Tetapi beberapa smartphone tidak memiliki slot microSD, Anda dapat memindahkan data-data tersebut ke laptop, komputer atau flashdisk.