Tips Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Diisi Daya

Ketika smartphone Anda tidak bisa diisi daya alias tidak mau dicas, bukan berarti masalahnya ada pada charger yang digunakan. Selain charger, terdapat faktor lain yang bisa menyebabkan perangkat tidak bisa diisi daya, seperti lubang USB, kabel USB, baterai smartphone, hingga permasalahan pada stop kontak sebagai sumber listrik.

Tips Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Diisi Daya

Berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi smartphone yang tidak bisa diisi daya :

1. Mengecek charger
Hal pertama yang bisa Anda cek saat smartphone tidak mau diisi daya adalah kondisi charger. Jika menggunakan charger yang terpisah dengan kabel USB, masalahnya mungkin ada pada kepala charger yang digunakan. Komponen ini bisa jadi rusak karena beberapa hal yang tidak disengaja sehingga tidak bisa terhubung dengan baik ke stop kontak. Namun sebelum memastikan apakah masalahnya ada pada kepala charger, sebaiknya Anda melakukan tips-tips di bawah ini terlebih dulu.

2. Mengecek lubang USB
Masalah lain yang mungkin terjadi adalah smartphone tidak bersih, tepatnya di lubang atau port micro USB yang digunakan untuk mencolok kabel charger. Penyimpanan smartphone ternyata berpengaruh terhadap debu yang masuk ke lubang tersebut, misalnya Anda menyimpannya di saku celana atau jaket yang tanpa disadari dapat membuat lubang USB kotor oleh debu. Anda bisa membersihkannya dengan meniup perlahan lubang USB supaya debu hilang. Anda juga bisa membersihkannya dengan menggunakan kapas atau cotton bud, jangan membersihkannya dengan air.

3. Mengecek kabel USB
Selain charger dan lubang USB, selanjutnya Anda bisa mengecek kabel USB yang digunakan. Jika usianya sudah lama atau terlihat sudah usang dan mau putus, Anda bisa menukarnya dengan kabel USB yang baru. Jika kondisi kabel USB termasuk bagus kondisinya walau usianya cukup lama, Anda bisa mengecek sambungannya, mungkin ada bagian yang kurang pas misalnya terlalu longgar.

Artikel berhubungan:  Tips Jitu Mendapatkan Uang Dari Youtube Untuk Pemula

4. Mengganti baterai
Tidak berbeda dengan kabel USB, baterai smartphone juga perlu diganti jika usianya sudah lama. Pada umumnya, baterai smartphone bisa digunakan hingga 2 tahun. Masa pakai tersebut bisa kurang atau lebih, tergantung dari penggunaan sehari-hari. Setelah digunakan selama beberapa tahun, performa baterai semakin menurun. Baterai mulai soak, kembung, ataupun mengalami kebocoran. Jika baterai dapat dilepas, Anda bisa mengecek kondisi permukaannya, apakah datar atau menggelembung. Anda pun bisa menggantinya dengan yang baru apabila smartphone tidak bisa diisi daya.

5. Pindah stop kontak
Tips kelima dapat dilakukan apabila keempat langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil. Mungkin saja, kesalahannya terletak pada stop kontak atau sumber listrik yang digunakan. Misalnya, stop kontak rusak sehingga tidak teraliri listrik. Anda bisa berpindah stop kontak untuk memastikannya. Jika pengisian dapat berjalan di stop kontak yang lain, kemungkinan masalah terdapat di stop kontak sebelumnya.

Semoga bermanfaat.