Tips & Trik

Tips Mengatasi Sinyal Internet Hilang

Sobat Gaptex, bagaimana rasanya ketika sedang asyik berinternet tiba-tiba sinyalnya hilang? Tentu akan sedikit berbeda ketika sinyal internet mendadak hilang. Smartphone tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan rasanya buat apa punya ponsel pintar dan paket data namun perangkat tidak bisa digunakan?

Tips Mengatasi Sinyal Internet Hilang

Sebelum mendatangi service center terdekat, berikut ini tips yang dapat Anda lakukan sebagai problem solving awal :

1. Mengecek pengaturan APN
Ketika permasalahan sinyal internet hilang dilaporkan ke call center, customer service akan mengarahkan Anda untuk mengecek pengaturan APN. Adapun APN atau access point name merupakan sebuah protokol yang dapat membuat suatu perangkat pintar seperti smartphone melakukan akses terhadap jaringan internet. Pengaturan APN ini biasanya dapat dibuka dari menu “Settings”, lalu masuk ke “Mobile Data” dan “Network Settings”. Setiap operator seluler memiliki pengaturan APN masing-masing. Biasanya, customer service akan mengirimkan pesan SMS yang berisikan informasi data APN. Tugas Anda kemudian menyesuaikan pengaturan APN sesuai dengan yang tertulis dalam SMS tersebut.

2. Memastikan jangkauan sinyal
Lokasi keberadaan kita dapat menentukan kekuatan sinyal internet. Pada umumnya, lokasi yang agak tertutup kurang mampu menangkap jangkauan sinyal, seperti di ruang basement, di dalam bioskop, dan area pabrik. Untuk memperkuat sinyal, terkadang Anda perlu berpindah lokasi ke ruang yang lebih terbuka. Sebab mayoritas penyedia jasa internet saat ini masih menggunakan teknologi pemancar yang disebut BTS atau base transceiver station. Pemancar BTS tidak menjangkau semua tempat karena beberapa pertimbangan, terutama ruang bawah tanah.

3. Memperhatikan pesan error
Ketika sinyal internet mendadak hilang, web browser akan menampilkan beberapa pesan error. Pesan tersebut akan disertai sejumlah kode angka yang diciptakan untuk memberitahukan error atau masalah yang sedang terjadi, seperti :
– Error 401: Unauthorized
Menunjukkan bahwa Anda tidak berhak mengakses situs web atau direktori yang ingin dibuka.
– Error 403: Forbidden
Menunjukkan bahwa situs web yang dituju sudah ditutup aksesnya pada direktori web server.
– Error 404: Not Found
Menunjukkan bahwa file atau folder yang diakses sudah tidak tersedia atau memang tidak pernah dibuat.
– Error 406: Not Acceptable
Menunjukkan bahwa permintaan Anda tidak dapat dipenuhi server, kemugkinan server sedang down, namun hal ini jarang terjadi.
– Error 500: Internal Server Error
Menunjukkan bahwa terjadi kesalahan dalam kode pemrograman, seperti PHP, ASP, atau JSP.
– Error 509: Bandwidth Limit Exceeded
Menunjukkan bahwa akses yang Anda lakukan sudah melebihi batas yang ditentukan.

4. Melakukan restart perangkat
Apabila pengaturan APN sudah dicek dan sudah berpindah tempat namun sinyal internet masih hilang, Anda bisa melakukan restart atau reboot pada perangkat. Jika baterai smartphone jenisnya removeable, Anda bisa melakukan lepas-pasang baterai, lalu menyalakannya kembali. Hal ini terkadang perlu dilakukan untuk me-refresh sinyal dan performa perangkat. Anda juga bisa melakukan refresh pada web browser yang digunakan, antara lain dengan membersihkan cache atau cookies, serta membersihkan history web browser.

5. Mencari sinyal Wi-Fi dan mengaktifkan airplane mode
Tips kelima ini mungkin terkesan klise, namun perlu dicoba. Pada saat sinyal internet yang disediakan oleh operator seluler tiba-tiba hilang, Anda bisa mencari sinyal Wi-Fi untuk melanjutkan aktivitas internet sementara waktu. Jika tinggal di kota-kota besar, Anda kini bisa menjumpai teknologi Mi-Fi atau mini Wi-Fi yang dapat diakses secara luas. Selain itu, Anda bisa mencoba cara lain dengan mengaktifkan airplane mode selama beberapa menit, lalu beralih kembali ke pengaturan normal. Hal ini dilakukan untuk memancing sinyal internet yang mendadak hilang.

Semoga bermanfaat!