Tips & Trik

Tips Mengatasi Ponsel yang Basah

Sobat Gaptex, musuh utama dari perangkat elektronik adalah air. Memang ada perangkat elektronik yang dinyatakan tahan air, namun sebagian besar tidak tahan air. Jika ponsel yang Anda miliki basah, baik sengaja maupun tidak disengaja, hal tersebut bisa berakibat kurang baik bagi ponsel Anda. Ponsel mengalami kerusakan yang mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Tips Mengatasi Ponsel yang Basah

Sebaik apapun Anda berusaha untuk menjaga ponsel supaya tidak basah, hal tersebut pasti akan terjadi. Misalnya ketika Anda berjalan-jalan ke pantai, ponsel jatuh secara tidak sengaja saat Anda hendak mengabadikan gambar. Contoh lainnya, ketika Anda mendaki gunung, ponsel basah karena Anda terjebak hujan deras dan udara yang lembab.

Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ponsel yang basah :

1. Matikan ponsel
Begitu ponsel basah, entah itu terkena cipratan air hujan atau terjatuh dalam genangan air, tetap tenang dan jangan panik. Lakukan pertolongan pertama dengan segera ambil dan matikan ponsel tersebut. Selanjutnya, gunakan lap sebisa mungkin sampai ponsel benar-benar kering. Sebab semakin lama ponsel basah, semakin besar risiko kerusakan yang akan terjadi.

2. Lepaskan komponen
Setelah ponsel dimatikan dan dikeringkan, lepas seluruh komponennya. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan sirkuit perangkat supaya tidak mengalami kerusakan parah. Lepas baterai ponsel, kartu SIM, kartu memori, dan lain sebagainya. Sama seperti sebelumnya, lap seluruh komponen tersebut sampai benar-benar kering, termasuk bodi atau casing belakang ponsel.

3. Siapkan beras
Untuk mengeringkan ponsel, Anda tidak perlu menjemurnya di ruang terbuka. Anda bisa menggunakan beras secukupnya, kira-kira sebanyak volume toples atau wadah kecil yang dapat mengubur ponsel dan seluruh komponennya. Tutup rapat toples atau wadah tersebut dan simpan di dalam lemari selama minimal 12 jam. Secara ilmiah, beras termasuk bahan penyerap air yang efektif sehingga pastikan ponsel dan seluruh komponen tadi benar-benar terendam oleh beras.

4. Isikan daya
Setelah 12 jam, proses pengeringan dengan beras pun selesai. Ambil toples dari tempat penyimpanan, buka tutupnya, dan keluarkan ponsel dan seluruh komponen. Pasang kembali seperti semula, namun jangan segera dinyalakan. Anda isi terlebih dulu daya baterainya sampai full seratus persen.

5. Nyalakan kembali
Ponsel dapat dinyalakan usai memastikan baterainya penuh. Hidupkan ponsel dan periksa fitur-fitur dasarnya, seperti tampilan layar, respon keypad atau touchscreen, dan kinerja aplikasi. Biasanya, langkah ini berhasil mengembalikan performa ponsel. Akan tetapi jika ponsel belum bisa normal digunakan, mau tidak mau Anda harus membawanya ke service center terdekat.

Semoga bermanfaat.