Tips Mengatasi iPhone Lemot

Perangkat besutan Apple, terutama iPhone memang jarang mengalami kendala atau sangat jarang terasa lemot. Namun hal ini bisa saja terjadi dan mulai terasa saat iPhone mendapatkan update sistem iOS terbaru yang membuat kinerja hardware lambat dalam merespon beberapa fitur baru. Jika iPhone Sobat terasa lemot, jangan khawatir dan beranggapan perangkat telah rusak ataupun perlu diflash ulang. Anda bisa membaca tips mengatasi iPhone lemot di bawah ini dan bisa Anda ikuti langkah-langkahnya untuk mengembalikan iPhone seperti semula.

Sebelum adanya merk-merk smartphone seperti Samsung, LG, Xiaomi, dan sebagainya yang menggunakan sistem operasi Android, lalu berhasil menggemparkan dunia dan menjadi smartphone nomor satu didunia berkat penggunanya yang melimpah, iPhone beserta iOS-nya sudah lebih dulu merasakan kesuksesan di pasar global.

Tidak ada penikmat teknologi yang tidak mengenal smartphone iPhone besutan Apple tersebut. Perusahaan yang berpusat di Amerika ini terus giat meluncurkan produk terbaru atau update software terbaru untuk setiap produk dengan logo apel tergigit itu. Kabarnya, Apple juga sedang mempersiapkan jagoan anyarnya yang diberi nama iPhone X dengan bezel super tipis dan tanpa tombol home.

Cara Mengatasi iPhone Lemot
Sebenarnya, iPhone yang lelet atau lambat terjadi bukan karena performanya yang kurang bagus, namun karena beberapa faktor. Faktor ini bukan karena smartphonenya, namun mungkin karena penggunanya sendiri atau memori yang terlalu penuh dan sistem yang sedang crash. Terkadang, upgrade ke sistem operasi iOS terbaru juga dapat menjadi penyebabnya, membuat iPhone generasi lawas justru menjadi lelet.

Apabila Sobat merasa iPhone sudah tidak seperti awal beli, berikut ini tips mengatasi iPhone lemot yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat performanya:

1. Restart atau Reboot iPhone
Salah satu cara simpel dalam mengatasi iPhone lemot ialah mereboot atau mematikan dan langsung menyalakan kembali perangkat Anda. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol home atau tombol sleep atau wake secara bersamaan hingga layar berubah warna menjadi hitam legam , lalu muncul logo Apple. Saat logo apel tergigit itu telah muncul, Anda bisa segera melepaskan tombol.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan
Aplikasi yang tidak terpakai ini sebetulnya mengambil ruangan penyimpanan juga sehingga menambah beban RAM pada perangkat. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan seleksi aplikasi yang berguna saja dan menghapus aplikasi tak berguna yang akan mempengaruhi performa sistem Anda. Misalnya sosial media yang lama tidak dibuka atau game yang sudah Anda selesai mainkan.

Berikut cara mudah untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan di perangkat iPhone:
– Klik ikon aplikasi yang ingin dihapus pada home screen
– Kemudian tahan dan segera klik tombol x yang muncul
Perlu diingat bahwa saat sebuah aplikasi dihapus, maka data yang tersimpan di dalam aplikasi pada penyimpanan internal juga akan hilang.

3. Bersihkan Cache
Pengguna iPhone pastinya sudah tahu jika sistem operasi iOS mempunyai aplikasi bawaan Safari yang dapat dikatakan sangat baik dalam membersihkan data yang tak terpakai dalam sistem, walaupun sebenarnya sesekali pengguna juga membutuhkan untuk membersihkan data-data yang tidak terpakai secara manual.

Anda juga perlu mengetahui jika membersihkan cache secara berkala akan membuat perangkat iPhone memiliki ruang penyimpanan yang lega, karena file yang tak terlalu berguna sudah dihapus. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menghapus cache, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
– Buka aplikasi Safari Browser
– Lalu klik menu Setting atau Pengaturan
– Scroll panah ke bawah, kemudian pilih Clear History and Website Data

4. Menonaktifkan Fitur yang Tak Digunakan
Perangkat iPhone yang sudah berjalan iOS 8 mempunyai banyak sekali fitur-fitur canggih bagi penggunanya, misalnya Background App Refreshes. Beberapa aplikasi seringkali tidak bisa dihapus dari perangkat, walaupun Anda tidak menggunakannya. Oleh karena itu, fitur Background App Refreshes dapat berguna untuk menonaktifkan notifikasi yang mengganggu dari aplikasi lainnya.

Artikel menarik:  Cara Membuat Aplikasi di Android Studio

Berikut ini cara menonaktifkan fitur yang tidak digunakan lagi pada iPhone:
– Buka menu Pengaturan
– Kemudian arahkan scroll ke fitur General Background App Refreshes
– Lalu pilih aplikasi yang ingin dinonktifkan secara bergantian

5. Matikan Efek Visual
Terkadang, efek visual pada antarmuka menu memang membuat iPhone terlihat kece, tapi hal ini juga akan membebani hardware. Oleh karena itu, lebih baik Anda mematikan efek tersebut agar kinerja berjalan lancar. Untuk mematikannya, Anda bisa buka menu Settings > General > Acessibility > Increase Contrast, kemudian ubah menu Reduce Transparency ke mode ON. Selain itu, Anda juga dapat mematikan fitur motion melalui menu Settings > General > Accessbility untuk mengaktifkan pilihan Reduce Motion ke On.

6. Matikan Fitur Siri
Bagi yang belum tahu, Siri merupakan asisten pribadi dalam sistem operasi iOS. Siri mampu bekerja layaknya asisten pribadi di dunia nyata yang memberikan saran ketika melakukan pencarian dalam iOS 9, tapi ternyata Siri juga bisa membuat smartphone jadi lemot.

Untuk menonaktifkan Siri, Anda perlu membuka menu Settings > General > Spotlight Suggestions > Siri Suggestions. Fitur lainnya yang turut membebani sistem ialah “Hey Siri”. Kalau Anda ingin mematikannya juga, bukalah menu Settings > General > Siri.

7. Gunakan Aplikasi Default
Aplikasi default atau bawaan dari Apple memang dirancang untuk bekerja secara optimal dalam perangkat iPhone. Aplikasi ini didesain untuk fungsi-fungsi umum seperti navigasi, email, dan browsing web. Meskipun seringkali secara fungsi, aplikasi default bukanlah yang terbaik, namun tetap bisa Anda andalkan untuk mengejar performa yang lebih tinggi.

8. Matikan Download Otomatis
Kemudian, Anda bisa mematikan download otomatis dengan cara membuka menu Automatic Downloads melalui Settings > App and iTunes Stores. Apabila perangkat iPhone Anda menjadi satu-satunya perangkat yang terhubung dengan Apple ID, maka Anda bisa membiarkannya untuk tetap menyala.

Tapi jika Anda mempunyai banyak perangkat dengan satu Apple ID, maka smartphone lain juga akan mengunduh update aplikasi yang seharusnya tidak Anda gunakan atau bahkan tidak dibutuhkan dalam iPhone Anda. Untuk melakukan update, sebaiknya Anda gunakan koneksi WiFi dan mematikan Use Cellular Data melalui Menu Settings > App and iTunes Stores.

9. Menghapus File Lama
Membersihkan file lama seperti video dan foto yang telah diback up, pesan teks lawas atau data yang tersimpan lainnya dipercaya dapat memperlancar sistem. Untuk menghapusnya, buka menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Hapus saja file yang tidak Anda butuhkan lagi. Beberapa aplikasi juga dapat di uninstall kemudian pasang lagi untuk menghapus data cache.

10. Reset Setting iPhone
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone iPhone yang lambat ada;ah dengan cara mereset iPhone. Dengan reset, maka sistem akan dikembalikan seperti semula. Untuk melakukannya, Anda bisa membuka menu Settings > General > Reset > Reset All Settings. Tapi sebelum melakukannya, Anda perlu ingat-ingat kembali Apple ID dan password yang Anda gunakan.