Tips & Trik

Tips Mengatasi Instagram Error dan Sering Keluar Sendiri

Bagi Sobat Gaptex yang sudah terbiasa mengenal dunia maya dan gadget, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Instagram. Setiap tahunnya, pengguna Instagram semakin bertambah, apalagi sekarang banyak sekali fitur menarik baru seperti emoji lucu di bagian Instagram Stories. Namun, tidak jarang pengguna sering mengeluhkan akun Instagram mereka sering error padahal baru saja dibuka. Oleh karena itu, kami akan membagikan sejumlah tips mengatasi Instagram error dan sering keluar sendiri.

Mengenal Instagram
Secara sederhana, Instagram bisa didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis Android, iOS, maupun Windows Phone yang mana penggunanya bisa membidik, mengedit, hingga memposting foto dan video ke halaman utama Instagram beserta jaringan sosial lainnya. Foto dan video yang Anda posting tadi akan terpajang di feed pengguna lain yang menjadi follower akun Anda.

Kemudian, sistem pertemanan di Instagram sendiri menggunakan istilah following dan follower. Following yang berarti Anda mengikuti akun pengguna lain, sementara follower berarti pengguna lain yang mengikuti Anda. lalu, setiap pengguna tersebut bisa berinteraksi dengan cara memberikan like atau komentar terhadap foto yang dibagikan.

Pada awalnya, Instagram dikembangkan oleh startup bernama Burbn, Inc. yang dipelopori Kevin Systrom dan Mike Krieger. Di tangan keduanya, Instagram sukses membuat jejaring sosial Facebook merasa tertarik sehingga bersedia membelinya dengan harga $ 1 miliar, dan akuisisi itu terjadi pada tanggal 9 April 2012.

Fitur-Fitur Instagram
1. Kamera
Instagram memiliki sejumlah fitur-fitur unggulan yang membuatnya digemari oleh jutaan pengguna sosmed di dunia. Fitur utama ialah kamera, dimana lewat Instagram pengguna bisa membidik langsung di dalam aplikasi tersebut sehingga tidak selalu mengunggah foto dari galeri. Setelah itu, Anda bisa mengedit, memberi caption, dan membagikannya.

2. Editor
Kedua, Instagram memiliki tool editor yang menjadi media bagi para pengguna untuk mengedit foto hasil jepretan melalui kamera smartphone-nya. Anda akan menjumpai tool editor tingkat lanjut untuk mengatur kembali kontras, pencahayaan, dan saturasi. Bahkan di update terbaru Instagram sudah tidak mengharuskan foto berwujud kotak, namun sudah mendukung pilihan landscape dan portrait.

3. Tag, Hashtag dan Caption
Sebagaimana sosial media lainnya, Instagram memiliki fitur tag dan hashtag yang berguna untuk menandai teman atau mengelompokkan foto dalam satu label. Kemudian, caption berguna layaknya deskripsi yang bisa Anda tuliskan sepatah dua kata mengenai foto yang diunggah.

4. Integrasi ke Jejaring Sosial
Seperti yang telah disinggung, Instagram juga memudahkan penggunanya untuk berbagi foto dan video ke sosial media lainnya seperti Twitter, Facebook, Tumblr, dan Flicrk. Jika tool ini diaktifkan maka setiap kali foto Anda dibagikan, maka secara otomatis, Instagram  akan membagikannya ke media sosial yang telah terhubung.

5. Instagram Stories
Fitur ini bisa dikatakan menjadi fitur Instagram yang paling populer saat ini. Dengan adanya fitur Instagram Stories, Anda jadi bisa mengirim foto dan video yang menghilang setelah 24 jam. Fitur tersebut hampir mirip Snapchat Stories yang diperkenalkan pada tahun 2013 dan menjadi bagian penting dari pertumbuhan perusahaan.

Tips Mengatasi Instagram Error dan Sering Keluar Sendiri
Setelah membahas apa itu Instagram beserta fungsi-fungsinya, kami akan menjelaskan tentang sedikit kekurangan dari aplikasi ini. Karena termasuk aplikasi, jadi tidak heran jika Instagram tidak selamanya berjalan dengan mulus, lancar, tanpa kendala apapun. Aplikasi yang biasa saja seperti Facebook saja masih bisa mengalami error, apalagi Instagram yang termasuk aplikasi dengan memori besar seperti itu.

Contohnya saja, saat Anda sedang asyik-asyiknya melihat foto-foto di Instagram, namun tiba-tiba muncul notifikasi ‘Sayangnya, Instagram telah berhenti’ atau sering keluar sendiri tanpa sebab. Selain itu, Anda mungkin sering mendapatkan notifikasi ‘Instagram tidak menanggapi’, sehingga Anda memutuskan untuk menutupnya.

Apabila muncul pesan notifikasi yang kedua memang aplikasi Instagram tidak akan terhenti seperti notifikasi pertama sebelum Anda klik OK. Setelah itu, Anda bisa mengklik ‘Tunggu’ agar aplikasi Instagram tidak berhenti. Namun cara ini akan membuat aplikasi Instagram jadi tak merespon beberapa saat. Setelah itu, Anda cukup menekan klik ‘Laporkan’ agar pihak Instagram mengetahui masalah ini dan segera memperbaikinya.

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi Instagram yang error atau tidak merespon, pastinya  Anda harus mengetahui dulu apa penyebab Instagram jadi tiba-tiba berhenti, macet, terhenti sendiri, atau terus-menerus terhenti. Berikut kemungkinan penyebabnya:

– Banyak aplikasi lain yang berjalan secara bersamaan di background
– RAM smartphone Anda sudah penuh
– Menumpuknya file sampah sehingga membuat ponsel menjadi lambat
– Versi Android sudah usang sehingga aplikasi tidak akan berjalan sempurna

Beberapa penyebab di atas memang sering membuat Instagram menjadi terhenti, bahkan bukan Instagram saja, melainkan aplikasi lainnya. Jika sudah demikian, maka Anda harus segera mengatasinya karena jika dibiarkan terlalu lama, pastinya akan membuat rasa tidak nyaman dan enggan saat menggunakan Instagram lagi. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat Instagram sering keluar sendiri:

1. Tekan Tombol Recent Apps
Langkah yang pertama adalah dengan menekan tombol Recent Apps. Tombol ini berguna untuk melihat dan mengatur aplikasi-aplikasi yang terakhir Anda buka. Namun, di setiap merk dan tipe smartphone memiliki tombol yang berbeda untuk Recent Apps. Ada yang berada di tombol Home, ada di sebelah kiri atau kanan tombol Home, atau dekat tombol kembali.

Mungkin saja Instagram sering tak merespon karena beban RAM sudah lambat karena banyak sekali aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda harus rajin menghapus Recent Apps agar kinerja RAM semakin lancar. Tinggal usap ke atas atau ke bawah, aplikasi Instagram, atau bisa juga Anda tutup semua aplikasi tersebut agar lebih maksimal.

2. Hapus Cache
Cara menghapus cache memang sangat mudah. Anda cukup membuka Pengaturan > Manager Aplikasi, lalu cari aplikasi Instagram dan klik Hapus cache. File cache pada aplikasi Instagram mungkin sangat menumpuk sangat banyak tentu akan membuat performa menjadi lambat. Lama-kelamaan Anda bermain Instagram, beban aplikasi pun semakin berat lalu keluar pesan ‘Sayangnya Instagram telah berhenti’.

3. Hapus Semua File Cache
Jika kedua cara di atas belum berhasil juga, maka Anda bisa menghapus semua file sampah atau cache di smartphone. Anda bisa melakukannya dengan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner, CleanMaster, dan sebagainya. Untuk menghapus file sampah dengan cara manual, Anda dapat menekan klik menu pengaturan atau pengelola file, tapi setiap merk ponsel akan beda letak dan namanya. Lalu, klik pembersih file (untuk ponsel tertentu terkadang namanya pemeliharaan perangkat), kemudian  perbaiki sekarang.

4. Update Aplikasi Instagram
Tips selanjutnya ialah silahkan Anda buka aplikasi Google Play Store, kemudian klik menu pilihan, klik “Aplikasi & Game Saya”, lalu cari aplikasi Instagram dan klik Update. Mungkin saja, versi Instagram Anda sudah lawas sehingga membutuhkan update terbaru.

5. Hapus dan Pasang Kembali Instagram
Selain cara di atas, Anda juga bisa menghapus dan memasang kembali Instagram di smartphone. Dengan langkah ini, Anda bisa mendapatkan versi terupdate dari Instagram sehingga meminimalkan performa aplikasi tersebut. Namun sebelum itu, Anda perlu hafal terlebih dahulu nama pengguna beserta sandi akun Instagram Anda, karena saat aplikasinya dibuka, maka mereka akan meminta sandi dan nama pengguna.

6. Restart Smartphone
Dengan merestart smartphone lebih fresh dan ringan. Bukan hanya itu, Instagram dan beberapa aplikasi lainnya yang masih berjalan di background akan tertutup semua dan akan membuat smartphone Anda ringan, tentunya aplikasi Instagram dapat lebih ringan saat digunakan.

7. Update Sistem Operasi ke Versi Terbaru
Apabila sistem operasi pada smartphone Anda sudah usang, segeralah update OS ke versi terbaru. Segera cek pembaharuan di pengaturan, tentang perangkat. Jika ada pembaruan terkini, segera klik update. Namun, kalau diminta pembaruan dan filenya bisa sekitar 1 GB, Anda bisa mengandalkan WiFi jika tidak ingin kehabisan kuota.

8. Reset Ponsel
Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa Anda lakukan jikalau cara-cara di atas tidak ada yang berhasil. Mereset smartphone atau mengembalikannya ke pengaturan pabrik, akan membuat ponsel Anda seperti benar-benar baru sehingga semua data dan aplikasi akan ikut terhapus. Sebelum Anda melakukan ini, ada baiknya Anda melakukan back up foto atau berkas penting. Sebagai tambahan, periksa juga koneksi internet Anda, karena bisa jadi penyebab Instagram sering keluar sendiri berasal dari koneksi yang tak stabil.

Demikianlah beberapa tips mengatasi Instagram error dan sering keluar sendiri di smartphone. Cara ini sangat mudah dilakukan tanpa perlu keahlian khusus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan di aplikasi Instagram.