Tips Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Bagi Anda yang bekerja sambil mendengarkan musik di laptop dengan menggunakan headset, pastinya merasa jengkel jika tiba-tiba headset Anda tidak bisa terdeteksi sehingga suara yang dihasilkan pun tidak muncul di kedua headset tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu membaca post kami kali ini yang akan memberitahukan informasi tentang tips mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Tentunya hal ini berkaitan erat dengan permasalahan suara ataupun komponen audio lainnya.

Sebenarnya permasalahan kenapa headset tidak bisa terdeteksi di laptop hampir sama dengan masalah laptop tidak ada suara sehingga Anda tidak dapat mendengarkan suara apapun yang berasal dari dalam laptop. Tentu saja kedua masalah ini sangat mengganggu, terutama jika Anda bekerja sembari mendengarkan musik dari laptop dengan memakai earphone atau headset.

Walaupun headset Anda sudah ditancapkan dengan sempurna ke lubang jack laptop, namun suara tetap keluar dari speaker yang berarti mau ada atau tidak, headset tidak akan berpengaruh apa-apa. Lantasi bagaimana caranya agar Anda bisa mengatasi hal itu?

Tentu saja Anda perlu mengetahui beberapa tips mengatasi headset tak terdeteksi dilaptop yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Namun perlu diketahui sebelumnya jika tips-tips di bawah ini mungkin tidak bisa langsung menyelesaikan masalah karena penyebab headset tidak terdeteksi di laptop sangatlah beragam.

Maka dari itu, jangan cepat menyerah untuk mengatasinya dan jika Anda kehabisan waktu dan ingin cepat-cepat menyelesaikannya, Anda bisa menyewa jasa dari orang lain yang dapat dipercaya dan memang mempunyai kemampuan untuk memperbaiki headset ataupun laptop tersebut.

Tips Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop
Jika suatu saat headset tidak bisa berfungsi di laptop, Anda tidak perlu panik dan jangan terburu-buru segera membeli headset baru atau bahkan parahnya lagi, membeli laptop baru. Cobalah untuk mencari tahu dimana letak kerusakan dan masalah yang ada karena mungkin saja Anda bisa memperbaikinya sendiri.

Headset tidak bisa terdeteksi dapat disebabkan oleh berbagai hal, entah itu secara fisik atau softwarenya. Dalam tips mengatasi headset tak terdeteksi di laptop kali ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Pastikan headset yang Anda pakai dalam kondisi fix atau tidak rusak saat di test pada laptop lain sehingga jika tidak berfungsi, maka masalahnya terdapat di laptop Anda. Oleh karena itu, pastikan software sound card atau kartu suara sudah di instal di laptop dan diaktifkan. Biasanya hal ini sudah ada dalam bawaan Windows atau laptop.

2. Pastikan lubang jack headset pada laptop Anda dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran. Atau komponen kuningan dalam kondisi baik dan tidak banyak tergores.

Artikel menarik:  Cara Menghapus Pesan Terkirim di WhatsApp Tanpa Batas 7 Menit

3. Matikan laptop Anda atau restart, setelah menyala, jangan langsung dimasukkan headsetnya, Anda perlu test dahulu untuk memutar musik atau film. Besarkan volumenya dari pengaturan bawaan laptop ataupun dari aplikasi seperti Gom, VLC, dan lainnya. Jika suara muncul maksimal, maka Anda bisa memasukkan headset dan dengarkanlah apakah suara sudah ada atau tidak. Jika laptop tidak ada masalah, biasanya dengan cara restart, audio yang disambungkan melalui headset akan berfungsi kembali.

Selain ketiga tips di atas, Anda dapat mengikuti tips di bawah ini untuk menghindari masalah headset tidak bisa terdeteksi :

1. Jangan Salah Memasukkan Jack-nya
Saat ini sudah tersedia dengan berbagai merek sehingga posisi lubang headset akan berbeda-beda pula. Apabila headset tidak terdeteksi di laptop, cobalah untuk melihat lagi apakah Anda memasukkan headset ke lubang yang benar. Langkah ini memang sederhana, namun tak jarang pengguna tidak sadar dengan kecerobohan salah memasukkan headset tersebut.

2. Periksa Kabel Sudah Terhubung dan Tidak Renggang
Kedua, Anda perlu meyakinkan diri apakah sudah memasukkan headset dengan benar dan tidak renggang. Berdasarkan pengalaman pribadi, suara yang tidak muncul di headset karena belum terhubung dengan benar atau tidak ‘klik’ sehingga laptop tidak mampu mendeteksi headset tersebut.

3. Pastikan Driver Sound Sudah Terinstal dengan Driver yang Sesuai
Seringkali saat membeli laptop, Anda menemui driver yang tidak sesuai, termasuk driver sound. Ketidaksesuaian driver sound dan driver bisa menjadi salah satu penyebab kenapa headset tidak mampu terdeteksi di laptop. Maka dari itu, pastikan driver laptop Anda dengan driver sound bawaah laptop.

4. Sudah Terinstal Plug and Play pada Windows 8
Tips ini khusus untuk laptop dengan Windows 8, biasanya telah terinstal plug and play yang berpengaruh pada perangkat hardware tidak dapat terinstall sempurna pada output headset.

Apabila Anda sedang mengalami masalah headset tidak bisa terdeteksi, maka jangan terburu-buru langsung diservis atau diganti. Hal-hal yang sepele memang seringkali menjadi penyebab kenapa headset tidak bisa berfungsi. Telitilah setiap akan memasang headset atau membeli sebuah produk laptop sehingga dapat terhindar dari masalah tersebut. Problem elektronik yang terkadang membuat Anda bingung untk mengatasinya, ternyata bisa Anda atasi tanpa servis yang rumit.