Tips Mengamankan Akun Media Sosial dari Hacker

Seiring dengan maraknya pengguna media sosial saat ini, satu hal yang paling dihindari adalah akunnya di hack oleh seseorang yang sering disebut dengan hacker. Jika sudah dihack, pastinya Anda akan merasa jengkel, marah, bahkan tak jarang, personal atau perusahaan akan mengalami kerugian besar.

Tips Mengamankan Akun Media Sosial dari Hacker

Jika Anda tidak ingin mengalami kejadian tersebut, maka menjaga keamanan akun menjadi hal wajib yang harus Anda perhatikan. Meskipun semakin banyak jumlah pengguna media sosial, namun nyatanya tidak imbangi dengan pengetahuan dunia internet yang mencukupi. Sebagian orang cenderung acuh atau tidak tahu sama sekali dengan banyaknya hal-hal kecil dan sederhana yang dapat membuka pintu keamanan akun Anda bagi hacker nakal.

Sebelumnya, kami juga telah memberitahukan tentang cara mudah mengamankan Facebook dari hacker. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan paparkan mengenai tips mengamankan akun media sosial dari hacker.

1. Ganti Password Akun Secara Berkala
Biasakan untuk mengganti password secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengecoh hacker yang sudah mengetahui password akun Anda. Seringkali, seorang peretas atau hacker menggunakan akun media sosial Anda di waktu-waktu tertentu sehingga password yang sudah didapatkannya akan mereka simpan terlebih dahulu.

Artikel berhubungan:  Cara Mudah Untuk Mempercepat Loading Halaman Blog

2. Hindari Gunakan Password yang sama untuk Akun yang berbeda
Dengan memakai password yang sama untuk berbagai akun medsos juga rentan membuat akun tidak aman. Kenapa? Karena apabila password yang sama untuk berbagai akun sekaligus, juga akan memudahkan hacker untuk meretas semua akun media sosial tersebut.

3. Jangan Menyimpan Data Akun di Browser
Terkadang saat Anda login ke Twitter, Facebook atau media sosial lainnya menggunakan PC, Anda sering melihat tulisan yang berisi ‘Apakah Anda ingin menyimpan password?” dan sebagainya. Hal ini berarti browser meminta izin pada Anda untuk mendapatkan data akun. Jika sudah begitu, pilih saja jawaban tidak atau langsung tutup kotak peringatan itu.

4. Perhatikan Penggunaan Password
Usahakanlah untuk memilih password yang kompleks. Bukan berarti harus panjang membentuk kalimat, namun yang terpenting adalah dengan kombinasi antara huruf, angka dan simbol. Password tersebut akan memberikan keamanan yang cukup menjanjikan daripada password yang terdiri dari huruf atau angka saja.