Tips Memperbaiki Harddisk Eksternal yang Lemot

Saat ini penggunaan harddisk eksternal sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Harddisk eksternal ini bagaikan flashdisk raksasa. Banyak orang menyimpan data-data dengan memori yang besar di sana. Apalagi bagi mereka yang hobi mengoleksi film, drama hingga ratusan anime. Pasti perangkat harddsik eksternal adalah barang utama yang mereka perlukan, sehingga mereka tidak perlu menyimpan ratusan file ke dalam laptop atau komputer yang dapat mengakibatkan laptop jadi lambat.

Tips Memperbaiki Harddisk Eksternal yang Lemot

Harddisk eksternal merupakan solusi cerdas untuk memindahkan data dalam ukuran yang besar. Pada perkembangannya di setiap tahun, perangkat ini sudah ada yang berukuran hingga 2 TB. Berbagai vendor pun saling berlomba untuk memproduksi harddisk eksternal yang semakin memiliki kapasitas besar. Hal tersebut di tuntut karena dari waktu ke waktu, kebutuhan untuk media penyimpanan data semakin banyak pula.

Namun bagaimana bila harddisk eksternal Anda bermasalah? Misalnya mendadak lemot saat melakukan transfer file dari harddisk ke laptop atau sebaliknya menjadi lambat sekali? Tentunya hal ini sangat menjengkelkan, terutama jika file ternyata besar dan Anda juga tidak banyak waktu. Lantas apa yang harus Anda lakukan?

Pada kesempatan beberapa waktu lalu, Sobat Gaptex sudah mengetahui bagaimana cara mempercepat kinerja harddisk yang lambat di dalam PC atau laptop. Sekarang kami akan membahas secara rinci mengenai tips memperbaiki harddisk eksternal yang lemot. Ada beberapa cara dan solusi yang dapat Anda coba. Cara yang dapat dilakukan juga bisa untuk flash disk, memory card dan lain-lain dengan catatan dihubungkan lewat kabel USB. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengoptimalkan hard drive yaitu:
· Klik kanan USB drive (daftar My Computer) dan pilih Properties
· Pilih Tab Hardware
· Pada bagian bawah All Disk Drives lalu pilih USB Drive Anda dan pilih lagi Properties
· Pilih Tab Policies dan pilih Optimize for Perfomance
· Tekan OK dua kali dan dipastikan kecepatan dari drive Anda akan meningkat. Perlu diperhatikan jika Anda memilih cara ini maka wajib melepas drive USB lewat Safety Remove Hardware

Share Button
Baca Juga :  Tips Mengatasi Touchscreen Ponsel Macet Atau Tidak Berfungsi

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part