Tips & Trik

Tips Meminimalisir Radiasi Ponsel

Tidak dapat dipungkiri, ponsel memang memiliki berbagai macam kegunaan. Selain menjadi alat komunikasi, ponsel juga dapat memiliki peran yang lebih kompleks dalam mempermudah pekerjaan dan pencarian informasi. Namun, selain memiliki berbagai fungsi, kita juga tak boleh menutup mata dan telinga dengan radiasi yang dipancarkan oleh ponsel.

Tips Meminimalisir Radiasi Ponsel

Seperti yang kita ketahui, radiasi ponsel cukup berpengaruh bahkan membahayakan kesehatan manusia. Namun terkadang kita acuh terhadap bahaya radiasi tersebut, mungkin karena tak langsung terlihat oleh mata. Hal yang paling berbahaya dari beberapa dampak radiasi ponsel adalah gangguan otak. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan ponsel yang terlalu lama / sering dapat memicu terjadinya tumor otak. Secara ilmiah ponsel memang dapat mengeringkan otak dan menyebabkan terjadinya kerusakan pada membran otak yang lama-kelamaan menyebabkan terjadinya kanker otak.

Lantas bagaimana kita yang selalu menggunakan ponsel setiap harinya agar dapat terhindar dari bahaya radiasi ponsel? Untuk terhindar mungkin tidak, tapi kita masih bisa meminimalisir radiasi dari ponsel kita. Bagaimana caranya? Berikut tips-tips untuk minimalisirkan radiasi handphone / ponsel :

1. Gunakan Loudspeaker saat menelpon / menerima panggilan
Dengan menggunakan loudspeaker saat melakukan panggilan, Anda tidak perlu menempelkan telinga ke ponsel. Radiasi ponsel akan semakin kuat saat telinga dan ponsel berjarak makin dekat.

2. Jangan melakukan panggilan / menerima telepon saat di perjalanan
Ponsel akan memperkuat penerimaan sinyal saat di dalam kendaraan yang melaju cepat.

3. Setting ponsel ke flight mode saat berada di pom bensin
Karena radiasi pada ponsel dapat memicu kebakaran pada bahan bakar.

4. Jangan meletakkan ponsel pada saku celana
Penelitian menyatakan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama bagi pria – akan berdampak berkurangnya jumlah sperma sebanyak 25%.

5. Matikan ponsel di malam hari
Saat tidak digunakan di malam hari, sebaiknya matikan ponsel Anda agar tidak memancarkan radiasi. Hindari pula meletakkan ponsel di sebelah Anda saat tidur.

6. Kurangi menelpon, ganti dengan kirim SMS
Ponsel menggunakan lebih sedikit energi saat mengirim pesan dibandingkan saat menelpon.

7. Perhatikan sinyal
Saat sinyal rendah, ponsel mencari koneksi yang lebih baik dan mengakibatkan tingginya radiasi. Jadi saat sinyal lemah baiknya tunda dulu untuk melakukan panggilan.

8. Gunakan sticker anti radiasi
Saat ini sudah banyak ditemukan sticker anti radiasi yang dapat ditempelkan pada ponsel. Sticker ini berfungsi mengurangi tingkat radiasi yang dihasilkan ponsel.

9. Gunakan jaringan 2G disaat tertentu
Jika berada di daerah yang tidak mencakup sinyal 3G, disarankan beralih ke sinyal 2G. Selain mengurangi kinerja penangkap sinyal, hal ini juga berfungsi untuk menghemat baterai.

10. Jauhkan ponsel dari telinga saat menunggu panggilan tersambung atau saat berbicara
Hal ini dikarenakan tingkat radiasi yang terjadi lebih rendah saat menerima sinyal dibanding mengirimkan sinyal.

Semoga bermanfaat!