Tips & Trik

Tips Memilih Layanan Web Hosting

Dalam memilih layanan web hosting memang sepintas sangat mudah, namun tentunya Anda harus hati-hati dan cermat dalam memilih provider web hosting karena akan menjadi ‘rumah’ bagi situs atau website Anda di internet. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan seperti web hosting yang sesuai dengan kebutuhan, darimana pengunjung website, seperti apa konten website, dan sebagainya. Jika Anda bingung, maka Anda bisa membaca tips memilih layanan web hosting di bawah ini.

1. Harga
Pertama, Anda harus teliti mengenai harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting. Biasanya mereka mempunyai paket-paket harga tertentu. Setelah itu, bandingkan beberapa web hosting supaya Anda bisa mengetahui dengan pasti pasaran harganya. Jika perlu, tanya dengan pemilik website lain tentang berapa harga yang tepat untuk website dan penyedia layanan web hosting mana yang bagus.

2. Kualitas Performa Server
Bisa dikatakan kualitas performa server menjadi hal paling penting yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai website Anda sulit diakses pengunjung ataupun berbagai permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

Parameter pertama yang dapat Anda lihat ialah lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat calon pengunjung website Anda berada. Jika Anda ingin membuat website dengan calon pengunjung dari Indonesia, maka lebih baik jika server website juga berada di Indonesia. Kemudian, Anda juga memperhatikan spesifikasi server seperti kecepatan prosesor, kapasitas RAM, teknologi server, harddisk, dan network speed.

3. Batasan Transfer Data
Selanjutnya, Anda perlu memeriksa berapa banyak data yang bisa ditransfer melalui website Anda kepada pengunjung nantinya. Hal ini juga penting karena batas transfer yang cukup tinggi berguna untuk menampung semua data yang dipublikasikan di website Anda.

4. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas
Web hosting yang bagus pastinya mempunyai tim customer support berkualitas. Idealnya, tim CS tersebut harus tersedia 24 jam penuh. Hal ini artinya, penyedia layanan hosting selalu siap sedia kapan saja Anda membutuhkan bantuan teknis. Bukan hanya siap sedia, mereka juga harus dapat menyelesaikan permasalahan Anda dengan baik.

5. Garansi Uang Kembali
Garansi uang kembali bisa dikatakan fasilitas terbaik yang dapat diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting, dimana mereka ingin menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan. Selain itu, dari sudut pandang pelanggan pun, fasilitas garansi uang kembali tentu sangat menggembirakan karena jika Anda tidak puas dengan layanan hosting mereka, Anda pun dapat melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan.