Tips & Trik

Tips Memilih Harddisk Eksternal yang Berkualitas

Saat ini kebutuhan akan harddisk eksternal bagi pengguna laptop semakin meningkat. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh terbatasnya kapasitas harddisk internal di dalam laptop, ditambah lagi harddisk di dalam laptop juga sukar diganti dibandingkan harddisk untuk PC. Oleh karena itulah, kami akan memberikan sejumlah tips memilih harddisk eksternal yang berkualitas agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, bukan hanya dalam memilih produk berkualitas saja, Anda juga perlu mengetahui cara merawat harddisk agar tetap awet yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Dua perlakuan ini dapat menunjang usia harddisk eksternal yang Anda beli supaya performanya tidak menurun.

Bagi Sobat Gaptex yang ingin membeli harddisk eksternal dengan kualitas terbaik dan tidak mudah rusak, mari simak beberapa tips di bawah ini:

1. Kapasitas
Untuk mengetahui berapa kira-kira harddisk yang Anda butuhkan, cobalah untuk menggunakan perhitungan sebagai berikut: sebuah harddisk berkapasitas 500 GB mampu menampung sekitar 100 ribu foto yang diambil dari kamera 125 ribu lagu dengan kualitas MP3 128 Kbps. Dari perkiraan ini, Anda dapat memperhitungkan berapa kapasitas yang Anda butuhkan sehingga tak perlu lagi membeli harddisk dengan kapasitas yang lebih rendah dari kebutuhan.

2. Sistem Operasi
Sistem operasi Windows dan X milik Apple menggunakan file sistem berbeda yakni NTFS dan HFS+, sehingga kebanyakan manufaktur akan membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platform tersebut. Meskipun OS X bisa membaca file pada harddisk berformat NTFS, namun Anda tidak bisa mengedit ataupun menulis di dalamnya.

3. Kecepatan Rotasi
Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan ialah kecepatan rotasi dari sebuah piringan harddisk karena sangat mempengaruhi kecepatan menulis dan membaca datanya. Sebuah harddisk yang berputar pada kecepatan 7200 rpm akan memberikan performa yang jauh lebih baik daripada harddisk 5400 rpm.

4. Fitur dan Garansi
Kemudian, Anda juga perlu meneliti fitur dan waktu garansinya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah harddisk di antaranya password protection dan backup. Sedangkan garansi ialah satu hal yang diperhatikan ketika membeli harddisk eksternal. Dengan memiliki jangka waktu garansi yang panjang, Anda tak perlu khawatir saat mengalami kerusakan pada harddisk eksternal.

5. Konektivitas
Setelah tahu kapasitas dan kecepatan harddisk yang Anda inginkan, maka Anda perlu menentukan bagaimana harddisk tersambung ke komputer atau laptop. Anda bisa membeli harddisk eksternal menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer yaitu USB 2.0. dan USB 3.0.