Tips Memilih Cooling Pad Laptop

Cooling pad atau sering disebut alat pendingin laptop mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Sesuai namanya, cooling pad digunakan untuk mendinginkan suhu laptop supaya tidak terlalu panas saat digunakan berjam-jam. Bagi Anda yang tidak memiliki perangkat ini, mungkin berniat untuk membelinya. Namun jangan sembarangan memilih cooling pad jika tidak ingin rugi biaya karena cepat rusak. Maka dari itu, mari kita simak tips memilih cooling pad laptop di bawah ini.

Tips Memilih Cooling Pad Laptop

Dalam memilih perangkat, jangan sampai salah membeli karena perangkat yang abal-abal tidak akan berumur panjang. Selain memilih keyboard dan mouse wireless yang berkualitas, Anda juga patut waspada ketika membeli cooling pad.

Saat ini, cooling pad juga sudah beredar luas di pasar gadget Indonesia sehingga dapat di beli dari toko laptop kecil hingga besar. Tapi tahukah Anda bagaimana memilih cooling pad yang sesuai dengan laptop Anda? Berikut tips memilih cooling pad laptop:

1. Memilih Cooling Pad Portabel
Saat ingin membeli cooling pad, usahakanlah untuk memilih kipas yang dapat dipindahkan sehingga Anda bebas untuk menaruh kipasnya dimanapun. Cooling pad yang bagus ialah kipasnya berada di bawah ventilasi atau lubang udara laptop.

2. Perhatikan Posisi Kipas Cooling Pad
Berbagai macam dan bentuk cooling pad memang tersedia dipasaran, mulai dari satu kipas besar, ada pula dua kipas dengan posisi sejajar, atau bisa juga tiga kipas kecil dengan pola segitiga.

Artikel berhubungan:  5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren

Oleh karena itu, ketika memilih cooling pad yang sesuai dengan laptop kesayangan Anda, maka Anda perlu mengecek lubang ventilasi suhu laptop. Apabila ventilasi laptop Anda terdiri dari tiga lubang yang berbentuk pola segitiga, maka jenis cooling pad ketigalah yang harus dibeli.

3. Bodi Cooling Pad
Sebaiknya Anda memilih cooling pad dengan bodi berbahan logam dibandingkan plastik. Walaupun agak mahal, namun bahan logam ini mampu menghantarkan panas lebih cepat keluar dari laptop dibandingkan cooling pad yang berbahan plastik.

4. Perhatikan Aliran Udara Kipas Cooling Pad
Ketika membeli cooling pad, Anda perlu memperhatikan aliran udara dari kipasnya. Di pasaran sendiri, terdapat 2 jenis cooling pad yaitu mengusung tiupan angin ke arah atas dan ke arah bawah. Sebaiknya pilihlah cooling pad dengan arah udara yang ke bawah laptop supaya cooling pad bisa menyedot suhu panas untuk keluar dari bodi laptop.

5. Tingkat Kebisingan
Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan tingkat kebisingan dari cooling pad itu sendiri. Mungkin Anda tidak ingin dengan suara yang berisik dari kipas yang sedang berputar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih cooling pad yang memiliki suara kecil supaya pekerjaan Anda pun tidak terganggu.