Tips Membuat Password agar Tidak Mudah Ditebak

Saat ini telah ramai beredar kabar tentang banyaknya akun media sosial yang di bajak dan di ambil alih orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya pencurian akun media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram saja namun bisa juga hingga email Yahoo atau Gmail. Kenapa akun-akun tersebut mudah sekali di ambil alih oleh pihak lain? Salah satu alasan kenapa akun email atau akun sosial media seseorang mudah dibajak yaitu karena akun tersebut tidak dilindungi oleh password yang kuat.

Tips Membuat Password agar Tidak Mudah Ditebak

Bagi Anda yang sering menggunakan email, sosial media, blog atau akun lainnya di dunia maya, membuat password yang sulit dibobol adalah suatu keharusan. Anda tidak pernah tau siapa saja pihak yang ingin berniat buruk pada Anda. Mungkin kebanyakan orang iseng atau bisa juga memang orang yang memiliki niat jahat. Kehilangan akun bisa jadi malapetaka sebab pembajak bisa saja menggunakan akun tersebut untuk hal-hal yang merugikan, terutama unuk orang-orang yang aktif memakai internet.

Lantas apa saja tips membuat password agar tidak mudah ditebak? Sebenarnya cukup mudah. Anda hanya mengetahui cara kekuatan password tersebut bisa dengan menghitung jumlah karakter dan juga variasi dari karakter password itu sendiri. Semakin panjang dan semakin bervariasi karakter sandi tersebut maka semakin kuat pula perlindungan pada akun Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun-akun di internet:

Artikel berhubungan:  Tentang 'Low Virtual Memory' Pada Windows 7

1. Jangan Memakai Password yang Sudah Umum
Sebaiknya Anda jangan menggunakan password yang sangat mudah ditebak contohnya password angka berurutan dari 1 hingga 9, nama kepanjangan Anda, tanggal ulang tahun dan sebagainya.

2. Menggunakan Simbol Unik di dalam Password
Simbol-simbol unik tersebut contohnya ?, !, <, >, ~, ^ dan sebagainya. Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat sederhana, tetapi jauh lebih kuat dibandingkan dengan password umum.

3. Menggunakan Kombinasi Angka, Huruf dan Simbol dalam Password
Cara ini yang paling baik untuk membuat password akun Anda lebih kuat. Biasanya password dengan kombinasi huruf, angka dan simbol sangat sulit ditembus oleh para hacker karena memakai variasi yang rumit.

4. Jangan Menggunakan Password yang Sama untuk setiap akun
Ada gunanya jika Anda membuat password yanng berbeda untuk setiap akun di internet. Hal ini untuk menghindari pembacakan secara serempak oleh si pencuri. Bila ia sudah berhasil membajak salah satu akun media sosial Anda, mereka pasti ingin membajak yang lainnya.