Tips Membersihkan Laptop: Layar dan Keyboard

Tanpa disadari, komputer jinjing atau laptop rentan terhadap masalah kebersihan. Layar dan keyboard laptop mudah sekali kotor oleh debu, bekas sentuhan jari, ataupun remah-remah makanan. Meskipun simpel dan mudah, cara membersihkan laptop harus dilakukan dengan hati-hati karena berurusan dengan peralatan elektronik. Ada baiknya memeriksa manual book untuk memastikan hal-hal apa saja yang bisa merusak perangkat atau membatalkan garansi.

Notebook Tastatur reinigen

Cara Membersihkan Layar Laptop
Membersihkan layar laptop sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan peralatan khusus. Anda cukup menyiapkan kain mikrofiber dengan kelembaban minimum. Air dan listrik adalah dua unsur yang tidak dapat dipertemukan, sehingga terlebih dahulu, Anda harus memastikan bahwa laptop tidak tersambung ke sumber listrik. Anda harus memastikan bahwa laptop sudah dalam kondisi mati (shut down).

Anda bisa mulai dengan membasahi kain mikrofiber dengan sedikit air. Anda harus ingat bahwa yang dibasahi adalah kainnya, bukan layarnya. Setelah itu, Anda bisa memeras kain, lalu mulai mengelap layar laptop untuk membersihkan noda-noda yang menempel di sana. Sekali lagi jika merasa ragu, Anda bisa mengecek buku panduan terlebih dahulu atau berkonsultasi dengan toko dimana Anda membeli laptop. Sebab biasanya, di toko laptop juga tersedia produk pembersih layar yang dapat Anda coba.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop
Apabila layar laptop kotor oleh debu ataupun bekas sentuhan jari, maka keyboard laptop bisa kotor oleh remah-remah makanan yang mungkin terjatuh secara tidak sengaja. Mungkin saja, keyboard menjadi terasa lengket dan sulit ditekan. Bisa jadi, ada kotoran terselip di bawah tombol keyboard. Sama seperti saat membersihkan layar, hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan keyboard adalah memastikan bahwa laptop sudah di-shut down.

Anda kemudian bisa mulai dengan membalik posisi laptop dengan hati-hati, lalu goyang perlahan untuk menjatuhkan kotoran yang mungkin terselip di bawah tombol keyboard. Anda bisa menggunakan kaleng udara atau peralatan sejenis untuk meniup sisa-sisa kotoran yang masih ada di sana. Langkah ini dilakukan per baris atau per area keyboard. Alternatif lainnya, Anda bisa memakai cotton bud untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop ini.

Anda pun bisa menggunakan kapas yang dibasahi alkohol pembersih untuk mengangkat noda-noda yang tidak kasatmata. Cairan alkohol sifatnya cepat menguap sehingga tidak terlalu bermasalah untuk laptop.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part