Tips Membersihkan Data Smartphone Sebelum Dijual

Ketika memutuskan hendak menjual smartphone, Anda harus memastikan data smartphone benar-benar terhapus bersih. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi supaya data yang tersisa tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Untuk perangkat Android, dikenal istilah Factory Data Reset yang dapat diakses melalui menu Settings. Dengan fitur ini, seluruh data terhapus bersih dan smartphone kembali kosong seperti kondisi semula.

Tips Membersihkan Data Smartphone Sebelum Dijual

Kondisi kosong yang dimaksud adalah smartphone kembali seperti saat dikeluarkan pabrik. Lebih amannya, Anda logout terlebih dulu dari seluruh akun. Sebab berdasarkan riset yang dilakukan, data yang sudah terhapus oleh Factory Data Reset rupanya bisa dikembalikan dengan sebuah recovery tools. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran tersendiri, sebab jika data tersebut jatuh ke tangan orang lain akan berbahaya bagi keamanan diri sendiri. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan data smartphone sebelum dijual :

1. Lakukan Enkripsi
Secara sederhana, enkripsi adalah menghapus atau mengubah data supaya tidak bisa diketahui lagi oleh orang lain. Atau dengan kata lain, enkripsi membuat data Anda terkunci. Cara enkripsi dinilai paling kuat untuk mencegah data disalahgunakan. Setelah enkripsi, data tidak akan bisa didekripsi, kecuali dengan passcode.

Sedikit berbeda dengan password, passcode adalah fitur keamanan untuk melindungi perangkat dari tangan-tangan jahil. Jika perangkat Android yang digunakan support dengan fitur enkripsi, Anda bisa melakukan enkripsi dengan masuk ke menu Settings. Setelah itu, Anda pilih Security dan Encrypt Phone.

Artikel berhubungan:  Cara Termudah Mempercepat Kinerja PC Anda

2. Lakukan Overwrite Data
Overwrite adalah proses penulisan ulang dari data yang sudah ada. Overwrite bisa juga berarti menimpa atau mengganti data lama dengan data baru pada file yang sama. Overwrite bisa dilakukan untuk benar-benar menghapus data smartphone, namun Anda disarankan untuk tidak melakukan sign in ke akun Google.

Overwrite bisa dilakukan dengan memindahkan data terlebih dulu dan melakukan Factory Data Reset. Anda kemudian merekam video selama mungkin dengan resolusi tinggi untuk memastikan data lama yang terhapus benar-benar tak berbekas. Setelah itu, Anda bisa melakukan Factory Data Reset seperti semula.

3. Lakukan Pengulangan
Tips ketiga ini dilakukan apabila Anda merasa masih kurang yakin. Anda bisa mencoba kedua tips sebelumnya beberapa kali sehingga orang lain dipastikan tidak dapat melakukan pemulihan data dengan recovery tools. Langkah pengulangan juga dilakukan untuk memastikan data smartphone benar-benar hilang.

Semoga bermanfaat.