Tips & Trik

Tips Membedakan Ponsel Android Asli dan Palsu

Makin banyaknya ponsel yang ada dipasaran juga menjadi peluang bagi beberapa pihak yang tak bertanggung jawab. Mereka turut berlomba memproduksi replika ponsel Android dengan brand-brand terkenal. Mereka bahkan tak tanggung-tanggung memasarkannya dengan harga yang miring. Namun sudah sangat jelas bahwa ponsel palsu milik mereka tidak setangguh ponsel dari produsen asli dunia. Tapi bagaimana kita membedakannya?

Tips Membedakan Ponsel Android Asli dan Palsu

Jika dilihat sekilas mungkin mata kita akan tertipu dengan replika buatan orang-orang yang tak bertanggung jawab tersebut. Tapi jika Anda telisik lebih dalam, maka Anda akan menemukan kejanggalan-kejanggalan sehingga Anda dapat memastikan ponsel tersebut asli atau tiruan.

Berikut beberapa tips jitu untuk membedakan antara ponsel Android asli atau tiruan alias palsu.

1. Cek langsung bentuk fisiknya.
Sekilas ponsel Android asli dengan yang palsu ini memang identik sama. Tapi jelas saja akan ada perbedaannya. Sangat penting untuk mengecek fisik ponsel yang akan Anda beli. Perhatikan baik-baik bentuk serta material yang digunakan.

2. Lihat Nomor IMEI
Tiap ponsel pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda. Anda dapat mengecek nomor IMEI pada ponsel yang akan Anda beli. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol *#06#. Setelah itu nomor IMEI pun akan muncul. Setelah itu, segera pastikan nomor IMEI yang muncul sama dengan yang ada pada kotak penjualan. Jika Anda masih ragu, Anda dapat mengecek nomor IMEI tersebut di situs imei.info. Akan ada informasi lebih lengkap tentang ponsel yang dimaksud.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga
Anda dapat mengetahui tentang ponsel tersebut dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti AnTuTu Benchmark atau CPU-Z. AnTuTu digunakan untuk menguji benchmark sebuah ponsel. Anda bisa membandingkan hasil pengujian ponsel tersebut dengan ulasan terkait dari internet. Jika berbeda, bisa jadi ponsel tersebut tidak asli. Sedangkan CPU-Z digunakan untuk mengetahui informasi dan spesifikasi ponsel. Anda juga perlu membandingkannya dengan ulasan terkait ponsel tersebut dari berbagai sumber di internet.

4. Uji kamera ponsel
Sebelum menguji kamera pada ponsel yang akan Anda beli, Anda harus tahu tentang kemampuan dan spesifikasi kameranya terlebih dahulu. Anda dapat membandingkan gambar yang dihasilkan kamera ponsel tersebut. Jika hasilnya tidak mencerminkan kualitas dan spek yang seharusnya ada pada kamera tersebut, Anda patut curiga.

5. Jangan mudah tergiur harga murah
Jangan pernah tergiur membeli smartphone dengan harga miring untuk smartphone kelas atas. Anda perlu mencari tahu tentang kisaran harga yang ditawarkan oleh vendor-vendor ponsel yang sebenarnya. Jika harga yang penjual tawarkan sangat jauh dari harga vendor, Anda harus curiga. Selain itu cek juga kartu garansinya. Karena biasanya ponsel Android asli memiliki kartu garansi pada tiap-tiap kotak kemasannya.

Itulah lima tips untuk mengetahui apakah ponsel yang akan Anda beli adalah ponsel Android asli atau palsu. Semoga bermanfaat bagi Anda. Dan untuk tambahan, jika Anda ingin membeli smartphone secara online, pastikan bahwa situs tempat Anda berbelanja adalah situs resmi, terpercaya dan sudah dikenal banyak orang. Selamat berbelanja.