Tips Memaksimalkan Pencarian Google

Berbicara tentang eksistensi Google sebagai mesin pencari seperti tidak ada habisnya. Setiap informasi bisa diperoleh dengan mudah hanya dengan mengetikkan satu atau beberapa kata. Pekerjaan semakin cepat dan mudah. Meski demikian, diperlukan tips khusus agar pencarian dapat dilakukan lebih efektif dalam menampilkan hasil yang diinginkan.

Tips Memaksimalkan Pencarian Google

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan pencarian data dengan Google.

1. Menggunakan pilihan kata yang spesifik
Pilihan kata kunci yang umum akan memberikan hasil pencarian yang lebih luas. Anda sebaiknya memilih kata-kata yang spesifik agar hasil yang ditampilkan lebih khusus sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Sebagai contoh ketika mencari informasi seputar produk smartphone. Ketika mengetikkan [Samsung Galaxy], maka hasil yang muncul adalah terkait smartphone itu saja. Berbeda jika Anda mengetikkan “Samsung”, hasilnya bisa jadi produk-produk lain yang bukan smartphone dengan merk yang sama.

2. Menggunakan pilihan kata yang variatif
Pilihan kata kunci yang variatif maksudnya adalah mencari sinonim atau persamaan kata dari pilihan kata yang spesifik. Hal ini bisa dilakukan seandainya pilihan kata pada tips yang pertama belum memberikan hasil yang memuaskan. Sebagai contoh, jika kata [cara download video] belum memberikan hasil yang diinginkan, Anda bisa mencoba kata lain seperti [tutorial download video]. Google menggunakan sumber informasi yang berasal dari ragam bahasa manusia, sehingga terkadang Anda juga perlu menyesuaikan kata-kata di kolom pencarian.

3. Menggunakan pilihan kata tanya
Jika Anda sedang mencari informasi terkait jawaban dari suatu pertanyaan, ada baiknya kata tanya yang digunakan ikut dituliskan pada kata kunci yang dicari. Sebagai contoh, Anda bisa menuliskan [apa itu virtual reality] atau [bagaimana cara membuat koneksi LAN], dan lain sebagainya. Selain hasil pencarian yang lebih relevan, Anda juga mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

4. Menggunakan tanda kutip
Tanda kutip (“) pada mesin pencari Google berfungsi untuk memisahkan hasil-hasil pencarian yang tidak berhubungan dengan topik yang sedang dicari. Hasil pencarian akan sama-sama lebih khusus dan spesifik cakupannya, namun penggunaan tanda kutip ini lebih bermanfaat jika pilihan kata yang dimiliki cukup panjang. Misalnya, [“proses menghubungkan komputer dengan koneksi wireless di windows 10”].

5. Menggunakan tanda tambah dan tanda kurang
Tanda tambah (+) berfungsi untuk menambahkan kata agar pencarian lebih spesifik. Cara ini merupakan alternatif lain untuk mendapatkan hasil pencarian lebih baik. Sebagai contoh, Anda ingin mencari informasi tentang penyakit demam berdarah yang diderita oleh anak-anak. Pada kolom pencarian Google, Anda bisa menuliskan [“demam berdarah”+anak-anak].

Sementara itu, tanda kurang (-) berfungsi untuk mengurangi kata agar pencarian tidak menampilkan hasil yang tidak diperlukan seperti iklan. Hal ini dikarenakan Google melakukan indeks terhadap semua konten yang dianggap berhubungan, termasuk iklan. Sebagai contoh, Anda ingin mencari soal-soal psikotes tanpa ingin mendapatkan iklan seputar kursus psikotes. Pada kolom pencarian Google, Anda bisa menuliskan [“soal psikotes”-iklan].

6. Menambahkan kode file pada pilihan kata
Jenis informasi yang tersedia di internet begitu banyak. Tidak hanya berupa tampilan website, tetapi juga berbagai file lainnya seperti dokumen berbentuk Word atau PDF, file presentasi Power Point, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan file-file tersebut melalui Google dengan menyertakan kode file pada pilihan kata yang diketik di kolom pencarian.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part