Tips Melakukan Factory Data Reset

Pada tulisan sebelumnya, kita sudah mengetahui tips membersihkan data smartphone. Selain dengan Factory Data Reset, kita bisa melakukannya dengan enkripsi dan overwrite. Opsi reset memang ide bagus, akan tetapi tidak selalu berfungsi dengan baik. Sebagai contoh, ketika perusahaan keamanan Avast membeli 20 smartphone Android dari eBay, ponsel pintar tersebut bisa memulihkan foto, pencarian Google, e-mail, pesan teks, dan rincian kontak.

Tips Melakukan Factory Data Reset

Factory Data Reset bekerja dengan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal yang seharusnya bisa menyapu bersih seluruh data, namun kenyataannya tidak demikian. Opsi reset tidak benar-benar menghapus data sehingga ada kemungkinan bisa dipulihkan dengan menggunakan software khusus atau sejenis recovery tools. Jika berniat menjual smartphone, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk melakukan Factory Data Reset :

1. Factory Reset Protection
Pada versi Android 5.0 Lollipop, Google memperkenalkan fitur Factory Reset Protection (FRP) sebagai tambahan keamanan untuk melengkapi fitur Factory Data Reset. Fitur ini dirancang untuk menghindari pencurian smartphone, kemudian si pencuri menggunakan atau bahkan menjual smartphone tersebut.

Ketika reset dilakukan dengan FRP dan Anda mencoba mengatur smartphone agar tampil kembali baru, Anda akan diminta untuk memasukkan user dan password dari akun Google terakhir yang terdaftar pada smartphone. Konsekuensinya jika tidak memiliki, smartphone tetap terkunci dan Anda tidak akan memperoleh akses.

Baca Juga :  Vimeo Diblokir, Buka dengan Proxy!

2. Backup and Reset
Sebelum melakukan reset smartphone, Anda harus memastikan bahwa data sudah di-back up. Sebab, opsi reset akan menghapus segala jenis data. Anda bisa melakukan back up dengan masuk ke menu Settings dan Reset. Sebelum memilih opsi Factory Data Reset, Anda bisa memilih opsi back up data dan account. Ketika proses ini selesai, data yang sudah terhapus bisa dipulihkan melalui enkripsi, namun harus di-dekripsi untuk membukanya.

3. Timpa dengan Data Sampah
Memastikan reset benar-benar menghapus data dapat dilakukan dengan menimpa data enkripsi dengan data sampah, kemudian Anda melakukan Factory Data Reset lain. Hal ini memungkinkan data bisa dipulihkan dalam waktu lama. Data sampah dapat diperoleh dengan memuat data dummy ke smartphone hingga memori penyimpanan penuh. Anda juga bisa melakukannya dengan aplikasi yang tersedia di Google Play Store, seperti “Secure Erase with iShredder3”.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part