Tips Fotografi Pakai HP Sekeren DSLR

Saat ini, mayoritas pengguna smartphone mengambil foto dari kamera ponsel yang dimilikinya. Dengan terus bertambahnya kemampuan kamera ponsel, baik itu dari segi megapixel, lensa, flash, frekuensi, dan lainnya membuat jumlah pengguna smartphone lebih memilih untuk membeli smartphone sekalian daripada kamera mahal. Namun untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, Anda perlu mengetahui tips fotografi pakai HP sekeren DSLR akan kami ulas secara jelas di post ini.

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberitahukan beberapa aplikasi fotografi Android terpopuler yang bisa Anda jadikan sebagai aplikasi bantuan untuk menghasilkan foto yang maksimal. Aplikasi ini akan membuat hasil tangkapan foto menakjubkan dan terlihat seperti fotografi profesional yang banyak tersedia pada Google Play Store di Android, iTunes, iOS, dan aplikasi market lainnya.

Tips Jitu Fotografi Menggunakan HP Sekeren DSLR
Zaman yang telah berkembang dan jauh lebih modern, membuat aktivitas memotret tidak hanya mengandalkan perangkat kamera khusus seperti mirrorless, DSLR, kamera pocket, dan sebagainya. Saat ini, Sobat Gaptex pasti sudah mengenal istilah baru di dunia fotografi profesional, yang diantaranya adalah fotografi mobile.

Saat ini, untuk memotret gambar agar tampak profesional tidak harus menggunakan kamera yang mahal. Karena cukup bermodalkan kamera HP saja, Anda sudah bisa melihat hasil foto yang menakjubkan. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui beberapa tips fotografi di bawah ini yang bisa Anda jadikan panutan untuk mendapat hasil foto memukau.

1. Bersihkan Lensa Kamera
Supaya bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus, maka langkah awal yang wajib dilakukan ialah membersihkan lensa kamera ponsel. Karena lensa menjadi teknologi utama untuk menangkap gambar agar lebih tajam, maka pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada lensa kamera. Oleh karena itu, sebelum memulai sesi foto, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah lensa sudah dalam keadaan bersih atau belum. Jika belum, maka bersihkan karena nanti bisa mengganggu proses pengambilan gambar.

2. Gunakan Aplikasi Editing Foto
Langkah kedua, untuk membuat hasil foto semakin tampak profesional, maka diperlukan sedikit memerlukan sentuhan editing yang tepat. Tentu saja proses ini jauh lebih mengasyikkan karena kreativitas akan semakin di asah untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus lagi. Sampai sekarang, banyak sekali aplikasi pengedit foto yang tersedia di internet ataupun Google Play. Pilihlah yang sesuai selera Anda, baik itu berbayar atau gratis, semuanya sama saja asal Anda bisa mengoperasikannya.

3. Jangan Gunakan Fitur Zoom
Di dalam fotografi mobile, terdapat aturan khusus yaitu jangan menggunakan fitur zoom ketika memotret gambar. Hal ini dikarenakan fitur zoom bisa menambah efek noise pada hasil foto. apabila noise sudah jelas terlihat, maka dipastikan foto itu tidak akan bagus. Maka dari itu, langkah terbaik untuk menjepret objek yang jauh ialah dengan mendekatinya langsung. Dengan demikian, Anda juga akan mempunyai hasil foto yang jernih tanpa terlihat noise sedikitpun pada gambar.

4. Pahami Angle dalam Memotret Gambar
Sudut pengambilan gambar atau angle ialah hal yang bisa memberi makna pada foto Anda. Dengan angle yang tepat, maka hasil foto pun terlihat menarik dan nyata. Namun untuk bisa mendapatkan angle pengambilan gambar yang bagus, maka diperlukan latihan dan eksplorasi yang lebih jauh. Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba dan teruslah mengasah intuisi Anda dan cobalah untuk mengambil sudut pandang tak biasa demi menambah pengalaman yang banyak. Sementara itu, Anda juga perlu mempelajari beberapa referensi mengenai angle dalam pengambilan gambar yang bisa dipelajari di buku atau internet.

5. Perhatikan Pencahayaan
Bukan hanya untuk fotografi mobile saja, di semua sektor fotografi pasti memerlukan aspek pencahayaan yang memang menjadi bagian penting dalam dunia fotografi apapun. Untuk faktor pencahayaan, Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari kalau ingin melakukan pengambilan gambar di luar ruangan. Sedangkan untuk tempat yang minim cahaya, Anda bisa menggunakan alat lighting tambahan.


Sementara itu, Anda juga dapat memilih waktu memotret pada sesi golden hour. Apakah pengertian golden hour? Istilah ini merujuk pada waktu terbaik untuk melakukan kegiatan foto. waktu-waktu golden hour saat beberapa jam setelah matahari terbit atau matahari tenggelam.

Artikel menarik:  Wariskan Akun Facebook Anda Sebelum Terlambat!

6. Pegang Smartphone Se-stabil Mungkin
Semakin stabil kamera, maka semakin bagus pula foto yang Anda ambil. Oleh karena itu, usahakan selalu agar tangan Anda tenang saat mengambil foto. Kalau perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai tempat sandaran, contohnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan.

7. Kenali Waktu Jeda Shutter
Kamera smartphone memiliki fitur shutter lag, yaitu waktu jeda antara saat Anda memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. Tidak seperti kamera DSLR yang bergerak secepat kilat mengambil foto setelah Anda memencet eksposure, smartphone lumayan lelet. Kenali waktu jeda tersebut dengan baik agar tangan Anda tetap tenang sesaat setelah Anda menekan shutter.

8. Jangan Memberi Efek Filter yang Berlebihan
Sebenarnya faktor ini tergolong subjektif, namun menurut sebagian orang berpendapat bahwa foto sudah terlalu banyak filter, maka hasilnya malah tidak bagus. Oleh karena itu, editlah dengan tujuan utama demi memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya. Apabila Anda menggunakan aplikasi edit foto yang tepat, cukup sesuaikan vignette, kontras, crop, tambahkan mood yang membantu foto tampak lebih keren, tanpa berkesan berlebihan.

9. Latihan Foto Sesering Mungkin
Hidup di zaman digital membuat kita bisa menemukan teknologi dengan mudah sehingga kapanpun Anda ingin memotret, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra. Bayangkan kalau Anda ingin memotret objek menggunakan film, berapa roll yang perlu dibeli? Oleh karena itu, jangan ragu dan sungkan, cobalah untuk memotret sesering dan sebanyak mungkin hingga memori smartphone Anda penuh. Semakin banyak Anda memotret, maka semakin banyak pula hasil tangkapan yang bagus.

Kamera DSLR vs Kamera HP
Apabila diamati lebih dekat, hasil foto yang dihasilkan oleh kamera DSLR dan kamera HP, pastinya akan terlihat perbedaannya. Hal ini dikarenakan sensor yang dipakai oleh kamera DSLR memang lebih besar daripada kamera yang ada pada smartphone.

Biasanya ukuran sensor pada kamera DSLR berkisar pada 22.2 x 14.8 mm, sedangkan kamera HP hanya sekitar 4.54 x 3.42 mm. Dengan ukuran sensor yang lima kali lebih kecil, maka sudah dipastikan jika hasil tangkapan foto akan berbeda. Kemampuannya dalam menangkap cahaya pun akan jauh lebih mumpuni pada kamera DSLR ketimbang HP.

Selain itu, perbedaan ukuran sensor pada kedua kamera tersebut akan berpengaruh pada ukuran file yang dihasilkan. Karena perbedaan ukuran sensor inilah, kapasitas memori file yang dihasilkan juga jauh berbeda. Umumnya, hasil file foto dari kamera HP berukuran lebih kecil daripada file kamera DSLR.

Kemudian, perbedaan sensor antara kamera DSLR dan HP akan mempengaruhi print size foto, yang mana print maksimal yang mampu dihasilkan oleh kamera HP hanya mencakup 6R. Sedangkan kalau memotret dengan kamera DSLR, maka besar print size foto bisa mencapai 16R 30 x40. Sebenarnya, foto yang dihasilkan kamera HP dapat dibuat supaya kualitasnya hampir menyerupai DSLR, namun perlu di dukung oleh beberapa hal.

Beberapa diantaranya ialah kondisi pencahayaan yang tepat atau objek yang tidak bergerak, tapi hal ini tentu sulit untuk dilakukan. Walaupun demikian, saat ini banyak orang yang lebih mengandalkan kamera HP untuk mengabadikan moment kebersamaan bersama teman. Selain ringan dan mudah di bawa, kamera HP saat ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah teknologi yang umumnya ada pada kamera DSLR. Dari masalah harga pun, kamera HP dan DSLR cukup jauh berbeda, sehingga banyak orang yang lebih menyukai kamera HP.

Salah satu fitur yang sudah diusung kamera smartphone ialah memiliki teknologi optical zoom. Dengan fitur ini, perbesaran objek foto dapat dilakukan dengan penyesuai lensa. Hasilnya pun akan hampir sama dengan kamera DSLR.
Lalu, hampir seluruh kamera HP saat ini telah dibekali dengan dukungan LED Flash sehingga dapat dipakai untuk menangkap foto dalam kondisi pencahayaan yang kurang. Tetapi jika dibandingkan antara kamera HP dan kamera DSLR dalam sektor yang sama, tentunya kemampuan DSLR masih lebih unggul.