Tips Bermain Game Mobile Legends Tanpa Lag

Bagi pecinta game, pastinya tidak asing lagi dengan game multiplayer online battle arena di Android maupun iOS yaitu Mobile Legends. Game ini sering dijadikan opsi alternatif apabila Sobat ingin bermain game PC Dota 2 namun koneksi internet tidak memadai. Mobile Legends memang sedang populer akhir-akhir ini dikalangan pecinta game. Namun banyak pula yang mengeluh berbagai masalah saat bermain game tersebut, salah satunya adalah lag. Oleh karena itu, kami akan memberitahukan sejumlah tips bermain game Mobile Legends tanpa lag agar sensasi puas bermain Anda tidak terganggu.

Salah satu MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena yang sangat populer saat ini ialah Mobile Legends. Untuk bermain Mobile Legends tanpa gangguan lag, pastinya Anda akan memerlukan internet stabil supaya game tidak berjalan patah-patah. Namun sayangnya, bukan hanya faktor internet saja yang mempengaruhi, nyatanya ada beberapa faktor lainnya yang membuat game menjadi lemot. (Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Internet Lambat)

Kali ini kami akan memberikan tips bagi Anda penggemar berat Mobile Legends supaya game yang dimainkan tidak tersendat atau patah-patah (lag). Berikut ini tips-tipsnya:

1. Bersihkan Aplikasi yang Berjalan di Background
Walaupun game Mobile Legends memiliki ukuran file lebih kecil dibandingkan game Vainglory dan Arena of Valor, serta mampu berjalan dengan lancar di smartphone pintar yang mempunyai RAM kecil, namun untuk bermain Mobile Legends tanpa lag, Anda harus membersihkan aplikasi yang berjalan di background.

Hal tersebut akan membebaskan RAM pada smartphone sehingga bisa menambah kelancaran dalam memainkan game dan tak terjadi lagging apapun. Cara membersihkan aplikasi yang sedang berjalan ini cukup simpel yaitu cukup klik tombol recent apps atau multitasking, lalu bersihkan semuanya.

2. Gunakan Koneksi Internet 4G atau jaringan WiFi yang Stabil
Mobile Legends merupakan MOBA yang hampir sama dengan Dota 2, dengan cara main tanpa lag Anda harus membutuhkan koneksi internet yang stabil. Untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil, contohnya gunakan Ping di bawah 200 ms karena jika di atas 200 ms, Anda disarankan untuk tidak bermain.

Untuk mengecek bagus atau tidaknya koneksi internet, Anda bisa melihat jumlah Ping yang tertera di smartphone Anda. apabila di bawah 200 ms, berarti koneksi internet sedang stabil. Agar bermain Mobile Legends tanpa lag, Anda perlu menggunakan jaringan 4G LTE atau jaringan WiFi yang memiliki konektivitas stabil.

3. Mengubah Kualitas Grafis
Salah satu tips bermain game Mobile Legends tanpa lag yang bisa Anda lakukan ialah mengubah kualitas grafis. Untuk mengubahnya cukup mudah karena game ini telah menyediakan tiga pilihan yakni rendah (low), menengah (mid), dan tinggi (high). Jika secara default, maka kualitas grafis yang digunakan adalah menengah. Namun kalau kualitas koneksi internet dan spesifikasi perangkat Anda tergolong pas-pasan, Anda bisa mengatur kualitas grafis game Mobile Legends ke rendah, untuk menghindari lag.

Artikel menarik:  Cara Membuat Aplikasi di Android Studio

Sementara itu, apabila smartphone Anda memiliki spesifikasi kelas atas dan memiliki koneksi internet super cepat, Anda bisa menyetel kualitas grafis game tersebut ke setelan High, sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman bermain Mobile Legends yang sangat menakjubkan.

Pada dasarnya, tips bermain Mobile Legends tanpa lag ialah sesuaikan kualitas grafisnya dengan smartphone yang Anda miliki. Untuk mengaturnya, Anda cukup menekan “Basic Info” yaitu profil, kemudian pilih ‘Options’ dan selanjutnya ubahlah kualitas grafis sesuai keinginan.

4. Bermain Saat Smartphone dalam Mode Performa
Tips selanjutnya ialah bermainlah game Mobile Legends saat smartphone dalam mode performa. Pada beberapa merk smartphone memang disediakan Mode Performa, misalnya di smartphone ASUS yang mana menyediakan empat mode yakni Normal, Performance, Power Saving, dan Super Saving. Secara default, smartphone kita berjalan di mode Normal.

Terkait masalah bermain Mobile Legends tanpa lag, Anda perlu mengubah settingnya ke Mode Performa untuk mendapatkan kepuasan bermain game yang menyenangkan. Tidak bisa dimungkiri, memang bermain Mobile Legends akan membuat baterai sedikit lebih boros namun dijamin, Anda akan terhindar dari masalah lag. Untuk mengeceknya pun cukup mudah, Anda bisa membuka menu “Pengaturan atau Settings”, kemudian pilih Power Management dan Power Saver. Tips ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

5. Jangan Bermain Sambil Charge
Anda juga sangat tidak dianjurkan bermain Mobile Legends sambil mengisi daya perangkat. Perlu Sobat Gaptex ketahui bahwa daya hantar listrik juga bisa mempengaruhi performa smartphone dan hawa panas yang berlebihan sehingga kinerja bermain menjadi patah-patah. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki kapasitas baterai yang cukup sebelum membuka aplikasi Mobile Legends ini.

Namun, apabila Anda terpaksa harus mengecas, maka pastikan Anda menggunakan kabel yang asli supaya lebih aman. Jika suhu ponsel sudah agak panas, maka jangan lupa untuk membuka case yang melekat pada smartphone supaya hawa panas tersalurkan dengan baik. Memang terlihat sederhana, namun sering terabaikan.

6. Bermain Di Jam Produktif
Terkadang, masalah server juga menjadi penyebab game berbasis online tidak bisa dimainkan secara sempurna, terutama untuk game yang sedang populer karena lonjakan tingkat pengguna semakin banyak. Oleh karena itu, Anda bisa memainkan Mobile Legends di saat-saat yang tepat ataupun bermain di jam produktif alias tengah malam, sehingga kelancaran bermain pun tetap lancar tanpa khawatir terkendala server penuh.

Beberapa tips di atas tentunya bisa Anda praktekkan, terutama bagi Sobat yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi rendah. Di sisi lain, bermain game Mobile Legends atau game MOBA lainnya memang membawa keseruan sendiri sehingga membuat banyak orang menginginkan performa smartphone tetap sempurna.