Tips Aman Membawa & Menyimpan Hardisk

Saat ini, memiliki hardisk eksternal untuk menyimpan berbagai koleksi data : film, lagu, file, dan lain sebagainya, merupakan hal yang lumrah dilakukan seiap orang. Nah, tidak seperti peripheral lainnya, hardisk rentan dengan goncangan kala dibawa atau disimpan meski Anda memiliki hardisk eksternal terbaik sekalipun. Apabila terguncang cukup hebat dan sering, hardisk dijamin akan mudah rusak.

Tips Aman Membawa & Menyimpan Hardisk

Meski mengatasi bad sector pada hardisk dapat dilakukan, toh tak ada salahnya Anda menyimak tips membawa hardisk atau menyimpannya beriku ini :

1. Gunakan plastik bubble wrap

plastik bubble wrap

Plastik bubble wrap secara umum digunakan untuk melapisi barang yang dipindah atau dikirimkan. Fungsinya adalah meredam goncangan sekaligus melindungi dari lecet dan benturan langsung. Plastik ini mudah didapatkan dari berbagai bungkus dan pack produk. Untuk menggunakannya, balutkan plastik pada hardisk 2x agar melindungi hardisk.

2. Gunakan busa

busa

Busa apapun dapat Anda gunakan untuk melapisi hardisk yang sedang dibawa kesana-kemari. Semakin tebal dan rapat, semakin baiklah fungsinya melindungi hardisk dari guncangan.

Artikel berhubungan:  Cara Jitu Menghemat Baterai Laptop

3. Gunakan kain

kain

Dalam keadaan terdesak ketika Anda tidak memiliki busa maupun bubble wrap, Anda dapat melapisi hardisk dengan kain, baik pakaian maupun kain bersih yang lain. Lapisi hardisk hingga tertutup seluruhnya dengan rapat.

3. Masukkan tas
Hardisk sebaiknya tidak ditenteng atau digeletakkan begitu saja. Jika sedang dibawa, masukkan hardisk pada tas yang memiliki ruang yang baik. Secara sederhana, perlakukan hardisk seperti ketika Anda memperlakukan telur yang dibeli di supermarket bersama barang lainnya.

Semoga bermanfaat ya!