Berita

Tesla Merilis Powerbank Kece untuk Android dan iOS

Apabila Sobat mendengar nama Tesla, pasti terbayang dipikiran Anda dengan mobil listrik canggih besutan perusahaan milik Elon Musk. Sosok “Iron Man” di dunia nyata ini memang pendiri pabrikan mobil Tesla Motors, PayPal, dan proyek luar angkasa SpaceX. Tanpa disangka-sangka, Tesla merilis powerbank kece untuk Android iOS, sehingga banyak orang yang menduga jika perusahaan tertarik untuk berbisnis di segmen mobil dengan menghadirkan aksesoris untuk ponsel pintar.

Pada akhir tahun 2015 silam, “the real life Iron Man” luncurkan OpenAI yang digadang-gadang akan menjadi sistem kecerdasan buatan seperti “Jarvis” dalam series Iron Man. Namun tampaknya tak puas hanya dengan itu, Elon Musk dengan perusahaan Tesla-nya mulai merambah pasar smartphone, lebih tepatnya ke lini aksesoris dengan merilis Tesla Powerbank.

Perusahaan yang berpusat di Palo Alto ini baru saja merilis Tesla Powerbank. Pada dasarnya, powerbank ini sama seperti konsep powerbank portable lainnya. Bukan hanya mengedepankan fungsionalitas, Tesla Powerbank juga diperuntukkan sebagai barang koleksi untuk pecinta Tesla karena bentuk desainnya yang merupakan model replika mungil dari “Supercharger Monument”.

Bagi Sobat yang penasaran apa itu Supercharger Monument, maka Anda tidak perlu bingung karena istilah ini berarti tempat untuk mengisi daya listrik mobil besutan Tesla, yang mana Supercharger Monument dapat dijumpai di beberapa kota tempat pemasaran produk mobil listrik canggih. Dengan kata lain, Supercharger Monument bisa dikatakan sebagai stasiun pengisian bahan bakar khusus untuk mobil listrik Tesla.

Artikel menarik:  Google Rilis Aplikasi Google Go dan Datally di Indonesia

Sementara itu, spesifikasi dari Tesla Powerbank ialah menggunakan sel berukuran 18.650 mAh yang merupakan sel lithium-ion standar yang digunakan di setiap baterai Tesla yang dibuat sebelum Model 3, ketika mereka memutuskan untuk beralih ke sel yang lebih efisien. Tentu saja mobil listrik Tesla memiliki ribuan sel ini, sementara baterai ponsel hanya memiliki satu.

Dari sisi kapasitas, baterai hanya memiliki kapasitas 3350 mAh, yang hanya bisa mengisi daya ponsel paling banyak sekali dan akan mengecewakan bagi kita yang menginginkan kemasan baterai besar. Dan outputnya adalah 5V/1.5A, sehingga memberikannya cukup setara dengan setiap kemasan baterai lainnya di luar sana (kecuali yang terbaru yang menggunakan teknologi quick charge Qualcomm).

Powerbank ini memiliki dua jenis port yang berbeda, yaitu port lightning untuk perangkat iOS dan micro USB untuk perangkat Android, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kabel terpisah saat mengisi daya perangkat. Namun tidak ditemukan kabel USB-C yang saat ini mulai banyak diimplentasikan pada Android.

Kemudian, terdapat indikator yang akan menunjukkan status daya pada baterai. Kapasitas baterai yang lumayan juga cukup mengisi daya dari 0 persen hingga 100 persen. Untuk mendapatkan Tesla Powerbank, Anda perlu menyiapkan budget sebesar $45 atau sekitar Rp 600 ribuan.