Berita

Terungkap Tanggal Peluncuran Pasti Samsung Galaxy S9

Bagi Sobat Gaptex pecinta smartphone brand Samsung, mungkin berita ini akan sangat menarik untuk Anda. Bagaimana tidak jika saat ini sudah terungkap tanggal peluncuran pasti Samsung Galaxy S9 yang sudah lama-lama ditunggu oleh fans Samsung. Lini yang menjadi flagship teranyar ini dijadwalkan akan rilis pada tanggal 25 Februari 2018, dimana bertepatan dengan ajang akbar tahunan Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.

 

Adapun Samsung menjadwalkan acara tersebut mulai pukul 18.00 waktu setempat atau 00.00 tengah malam di Indonesia. Jika Anda tidak bisa datang ke tempatnya langsung, maka Anda bisa menonton siaran resminya di situs resmi Samsung. Sementara itu, jadwal peluncuran perangkat penerus Galaxy S8 ini dilihat dari poster undangan yang berisi angka 9 berbalut warna ungu dengan tagline “The Camera. Reimagined”, sehingga bisa disimpulkan bahwa kamera menjadi salah satu fitur utama Galaxy S9 nanti.

Jika sebelumnya Samsung telah memperkenalkan teknologi dual-pixel dan dual-camera pada perangkat besutannya, lalu inovasi kamera berikutnya apa? Meski tak ada yang bisa dipastikan, gosipnya menyebutkan bahwa kamera Galaxy S9 akan istimewa dari segi aperture alias bukaan lensa. Mungkin pengguna bisa mengatur aperture untuk berbagai tingkat cahaya, seperti saat mencoba kamera profesional.

Teknologi ini sebenarnya telah diperkenalkan Samsung melalui ponsel lipat W2018. Dalam kondisi pencahayaan yang ideal, lensa kamera W2018 dapat disesuaikan untuk bukaan f/2.4, sedangkan untuk kondisi cahaya rendah, dapat dibantu dengan beralih ke bukaan lensa f/1.5 yang lebih besar. Konsep ini berbeda dengan dual-camera yang biasanya memiliki dua kamera dengan bukaan lensa berbeda. Dalam konsep ini, satu kamera bisa diganti bukaan lensa.

Artikel menarik:  Ponsel Flagship LG ‘Judy’ dengan Layar MLCD+

Jika kemampuan aperture memang benar terpasang pada Galaxy S9, pasti ada modifikasi baru yang membuatnya tetap “fresh”. Namun sayangnya, Samsung masih enggan mengomentari hal ini. Selain kamera, Galaxy S9 nampaknya tidak banyak berubah dalam hal desain. Tentu ada peningkatan spesifikasi, salah satunya dari chipset yang digadang-gadang akan memakai prosesor Snapdragon 845.

Sementara itu, perangkat Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus kemungkinan akan masuk pasar Indonesia tidak lama setelah diluncurkan secara resmi. Tanda-tanda kemunculan dua jagoan baru Samsung tersebut, antara lain dapat dilihat dari lulus uji tingkat kandungan di dalam negeri (TKDN) yang baru saja diperoleh PT Samsung Electronics Indonesia minggu lalu.

Dalam sebuah pernyataan tertanggal 18 Januari 2018 di halaman Kementerian Perindustrian, disebutkan ada dua perangkat ponsel Samsung 4G yang diberi nomor SM-G960F dan SM-G965F yang melewati TKDN dengan mengumpulkan bobot TKDN sebesar 31,70 persen. Dari bocoran yang telah beredar, “SM-G960F” ini dikenal sebagai nomor model untuk Galaxy S9. Sementara itu, Galaxy S9 Plus memiliki nomor model “SM-G965F”. Selain memenuhi TKDN, perangkat yang bersangkutan juga harus lulus uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Telematika (Ditjen SDPPI).