Berita

Terbaru! Fitur GIF Rilis di Instagram Stories

Di zaman yang sangat canggih ini, rasanya tidak mungkin jika Sobat Gaptex tidak mengetahui sosial media bernama Instagram. Jangankan orang dewasa, mungkin hampir seluruh anak muda di Indonesia memiliki setidaknya satu akun Instagram. Nah, bagi Anda yang menggunakan media sosial tersebut, pasti tahu dengan namanya Instagram Stories bukan? Belum lama ini, fitur GIF rilis di Instagram Stories sehingga Anda bisa menambahkan sebuah video singkat yang berulang-ulang layaknya Boomerang.

Sebenarnya, fitur penyematan GIF atau gambar bergerak dalam Instagram Stories telah diuji coba sejak September 2017 lalu. Namun akhirnya, fitur ini diboyong ke beberapa negara pada awal minggu ini. Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang mencicipinya karena pengguna Instagram di Tanah Air tercatat sangat banyak. Selain Indonesia, fitur ini juga tersedia di Filipina dan Brasil.

Kini, fitur anyar tersebut secara resmi diluncurkan secara bertahap untuk semua pengguna Instagram Android dan iOS versi terbaru. Pengguna dapat bertukar gambar GIF yang disisipkan dalam konten Instagram Stories, baik video maupun foto.

Pengumuman kehadiran fitur GIF di Instagram Stories pun disampaikan langsung melalui blog resmi Instagram. GIF yang tersedia berasal dari perpustakaan gambar bergerak bernama Giphy. Sebelumnya, Facebook yang merupakan perusahaan menaungi Instagram sudah menggandeng Giphy di tahun 2017 untuk memberikan dukungan GIF di kolom komentar.

Lantas bagaimana cara memasukkan konten GIF dalam Instagram Stories? Sangat mudah kok Sobat. Pertama, Anda cukup membuat konten di Instagram Stories seperti biasa, baik di foto maupun video.

Artikel menarik:  Kamera Mirrorless Fujifilm X-H1 Targetkan Para Videografer

Selanjutnya, pilih ikon untuk mengakses stiker di bagian atas antarmuka Instagram Stories. Anda akan menemukan bidang pencarian GIF dari Giphy di bawah stiker lokasi dan ikon kamera. Pilih ikon untuk pencarian GIF, lalu masukkan kata kunci apapun, seperti “cat”, “dance”, “burger”, dan sebagainya. Pilih GIF yang Anda sukai, maka GIF pun akan muncul sebagai pemanis pada konten Instagram Stories.

Seperti stiker jenis lainnya, stiker GIF juga dapat diubah ukurannya dan menetapkan penempatannya. Jika tidak sesuai, GIF bisa dilepas dengan mekanisme yang sama saat menghapus stiker. Untuk menikmati fitur ini, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Instagram ke versi 29 melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Instagram sendiri akan terus berusaha dalam memberikan inovasi fitur-fitur terbaru dan unik demi meningkatkan pengalaman di Instagram Stories. Sebagai tambahan informasi, Instagram Stories memiliki fitur untuk melihat story akun yang Anda follow, mempercantik story dengan editing, tidak harus selalu real time, tap profil foto untuk melihat story seseorang, mengatur siapa saja yang melihat story kita, mengirim pesan sebagai Direct Message, dan postingan story berlaku 24 jam.

Semoga berhasil!