Tentang Universal Serial Bus [USB 3.0]

USB atau Universal Serial Bus mungkin menjadi salah satu port dan teknologi yang paling banyak digunakan 1 dasawarsa terakhir. Dengan kenyataan bahwa teknologi kabel mulai digantikan oleh kecanggihan wireless (wifi, bluetooth, dsb), barangkali USB merupakan teknologi kabel yang masih penting hingga sekarang.

usb 3.0

Demikianlah USB mengalami perkembangan dari versi paling awal hingga sekarang yang sudah memasuki era USB 3.0. Versi terbaru ini kerap disebut dengan SuperSpeed USB 3.0 karena kecepatan yang ditawarkannya : 10x lebih cepat dari USB 2.0 atau sekitar 4.8GBps.

Saat ini, kebanyakan PC yang beredar menggunakan teknologi USB 2.0. Smenetara itu, meski usang USB 1.1 juga masih dapat Anda temukan di berbagai PC dan komputer lawas yang masih saja digunakan.

Benefit USB 3.0
Tentu saja semua transfer data yang memerlukan kecepatan tinggi akan membutuhkan USB 3.0. Dengan kecepatan transfer yang luar biasa, USB 3.0 pasti mampu menghemat waktu secara signifikan. Pada penerapannya sebagai kabel charging, USB 3.0 dipercaya mampu meningkatkan performa dan kecepatan charge perangkat. Beberapa perangkat anyar seperti Samsung Galaxy Note 3 telah menggunakan teknologi ini.

Artikel berhubungan:  Apa itu System Testing

USB 3.0 Kompatibel dengan port 2.0
Perangkat yang menggunakan teknologi USB 3.0 pada umumnya dapat bekerja dengan baik pada PC dengan port USB 2.0. Hanya tentu saja kecepatan transfer akan mengikuti USB 2.0. Untuk memperoleh benefit USB 3.0 seperti diatas, tentu saja Anda harus melakukan upgrade terlebih dahulu.

So, sekian dulu tentang USB 3.0 yang super kencang.