Tentang Router : Fungsi dan Pengertiannya

Benda apakah router itu? Dan mengapa penting bagi Anda untuk mengetahuinya? Dalam posting ini kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian router berikut fungsi penggunaannya. Bagi sobat gaptex yang sehari-hari kerap bersinggungan dengan komputer, router sudah pasti bukan istilah baru. Apalagi jika Anda telah atau pernah menggunakan akses internet rumahan seperti speedy, Anda pasti sudah pernah melihat benda tersebut secara langsung.

Pengertian Router
Dikutip dan diterjemahkan dari wikipedia, router secara harafiah didefinisikan sebagai sebuah perangkat yang meneruskan data paket atau protokol diantara komputer yang berada dalam jaringan. Proses tersebut diistilahkan sebagai ‘routing’.

Jenis router yang paling familiar yang pada umumnya dikenal dan digunakan oleh kalangan awam adalah router untuk pengguna rumahan atau perkantoran kecil (SOHO). Dalam hal ini, kegunaan router utamanya adalah untuk membagi jaringan internet yang dapat digunakan oleh dua atau lebih perangkat komputer secara mandiri pada saat yang bersamaan. Dalam praktek, aktivitas ini biasanya dikenal dengan membagi ip address kepada komputer yang berada dalam jaringan.

Fungsi Router
Sesuai dengan pengertian dasarnya, fungsi router adalah untuk membagi IP Address yang ditujukan sebagai pembagian akses internet. Jenis seperti ini dinamakan sebagai ‘router hardware’ yang berbentuk fisik seperti yang kerap kita lihat di rumah-rumah. Routerlah yang bertugas untuk membuat access point atau hot spot area.

skema router

Selain untuk koneksi internet global, router juga biasa digunakan untuk jaringan LAN (local area network) seperti halnya switch. Bedanya, router memiliki kemampuan untuk menghubungan antara satu LAN ke LAN yang lainnya.

Artikel berhubungan:  Pengertian Keamanan Jaringan

Jenis-Jenis Router
Seperti yang diuraikan diatas, router yang paling umum dikenal oleh pengguna adalah router hardware yang biasa digunakan di rumah dan perkantoran. Pada kenyataannya, router tidak hanya sebatas satu jenis saja. Ada beberapa jenis router lainnya yang juga penting untuk diketahui.

Berikut jenis-jenis router yang ada :
1. Router Hardware – Router pada umumnya, contoh router yang dipinjamkan oleh telkom speedy termasuk dalam jenis router hardware.
2. Router Aplikasi – Merupakan jenis router non-fisik. Router aplikasi berbentuk software yang bekerja seperti router (melakukan routing). Contoh dari router aplikasi adalah WinGate, WinProxy, Winroute, SpyGate dan lain sebagainya.
3. Router PC – Sebuah PC yang dipakai dan difungsikan sebagai router disebut sebagai router PC. Meski PC yang digunakan sebagai router tidak harus memiliki spesifikasi khusus, tetapi diperlukan sistem operasi khusus agar sebuah PC dapat menjadi router. Sistem operasi yang biasanya dipakai adalah Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Linux Based) dan lain sebagainya.

So, sudah tahu kan sekarang pengertian router berikut fungsinya?
Semoga bermanfaat