Tentang Program Bahasa C Pada Ilmu Komputer

Bagi Anda yang pernah atau sedang mempelajari program bahasa komputer (baca : pemograman), istilah bahasa C pasti sudah sangat sering Anda dengarkan. Faktanya, meski sudah cukup ‘usang’, Bahasa C masih menjadi bahasa pemograman wajib yang diajarkan di kebanyakan kampus di dalam negri. Pada posting kali ini, kita akan membahas tentang bahasa C sebagai bahasa pemograman populer.

Program Bahasa C

Sejarah Bahasa C
Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthiesekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T BellLaboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX. Hingga saat ini penggunaan bahasa C telah merata di seluruh dunia. Hampir semua perguruan tinggi di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrograman populer seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar yang mirip bahasa C.

Artikel menarik:  5 Smartphone Tangguh Untuk Pekerja Lapangan

Kelebihan Bahasa C
– Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer.
– Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis komputer.
– Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, yaitu 32 kata kunci.
– Proses executable program bahasa C lebih cepat.
– Dukungan pustaka yang banyak.
– C adalah bahasa yang terstruktur
– Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah penempatan ini hanya menegaskan bahwa c bukan bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin yang merupakan ciri bahasa tingkat rendah. Melainkan berorientasi pada obyek tetapi dapat dinterprestasikan oleh mesin dengan cepat, secepat bahasa mesin. inilah salah satu kelebihan c yaitu memiliki kemudahan dalam menyusun programnya semudah bahasa tingkat tinggi namun dalam mengesekusi program secepat bahasa tingkat rendah.

Kekurangan Bahasa C
– Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
– Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer