Tentang Memory Card MicroSD Class 10

Seiring perkembangan teknologi gadget, dari hape jam, ponsel pintar hingga tablet, penggunaan memory card eksternal Micro SD seakan menjadi standar baku yang menggantikan varian memory lainnya yang digunakan secara bervariasi pada masa lampau, seperti SD card, Stick Duo, MMC dan lain sebagainya. Dengan kata lain, hampir seluruh gadget yang tersedia saat ini menggunakan slot memory eksternal MicroSD.

memakai microsd class 10

MicroSD dipilih karena fleksibilitas, ukurannya yang kecil serta harganya yang lebih terjangkau. Saat ini, varian paling anyar dari MicroSD adalah Class 10, meski mayoritas pengguna gadget masih menggunakan class yang lebih rendah seperti class 4 atau class 6 yang harganya murah bak kacang goreng. Sementara itu, MicroSD Class 10 memiliki bandrol harga yang lebih mahal.

Class dalam memory card adalah klasifikasi kode yang diberikan untuk menunjukkan kecepatan, mirip seperti kecepatan baca cd-rom pada era dahulu (8x-52x). Berikut beberapa class yang tersedia dalam memory :

Class 2 : kecepatan tulis min. 2 MB/s atau kecepatan 13X (tidak lagi beredar di pasar)
Class 4 : kecepatan tulis min. 4 MB/s atau kecepatan 26X (banyak tersedia, murah meriah)
Class 6 : kecepatan tulis min. 6 MB/s atau kecepatan 30X (banyak tersedia, murah)
Class 8 : kecepatan tulis min. 8 MB/s atau kecepatan 40X (banyak tersedia, relatif murah)
Class 10 : kecepatan tulis min. 10MB/s atau kecepatan 66X (banyak tersedia, relatif lebih sedikit mahal)

MicroSD Class 10 Pada Gadget
Penggunaan MicroSD Class 10 tidak serta-merta membuat kecepatan Gadget Anda meningkat. Yang terjadi adalah akses ke file-file (dokumen & multimedia) maupun program yang tersimpan dalam memory menjadi lebih cepat. Dengan akses yang cepat, maka kemampuan gadget mengolah program dan file pun menjadi semakin ngebut pula. MicroSD class 10 adalah harga mati bagi pengguna gadget yang menggunakan gadget miliknya untuk kebutuhan multimedia kelas atas, seperti memutar film HD 1080p, atau merekam video high definition. Bagi pengguna smartphone atau phablet Android yang melakukan root, microSD class 10 adalah sesuatu yang mutlak harus dimiliki.

Artikel berhubungan:  9 Shortcut Keyboard Gmail Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

3 Alasan Mengapa Anda Harus Beralih ke Microsd Class 10
1. Bagi pengguna OS Android yang melakukan proses rooting, dimana program sebagian besar disimpan dalam memory external, maka MicroSD class 10 akan membuat performa tetap prima karena akses file yang cepat tidak menyebabkan lag atau bahkan hang.
2. Bagi pengguna gadget yang memainkan game, film, multimedia HD yang memakan kapasitas super besar, dimana sebagaian besar file disimpan dalam memory external, maka microSD class 10 akan membuat proses render, write dan read menjadi tetap ‘smooth’.
3. Selisih harga antara MicroSD class 10 dengan class-class dibawahnya yang tidak terpaut terlalu jauh ternyata akan memberikan performa yang cukup jauh seperti terlihat dalam chart dibawah ini :

Tentang Memory Card MicroSD Class 10

Tentang Memory Card MicroSD Class 10 a

Tentang Memory Card MicroSD Class 10 b

MicroSD class 10 diproduksi oleh hampir seluruh brand memory yang ada, seperti Kingston, vGen, Samsung, Transcend, Toshiba, dan lain sebagainya. Penanda yang paling umum pada microSD class 10 adalah adanya angka 10 yang dibalut dalam lingkaran C.

Semoga bermanfaat!