Tentang ‘Low Virtual Memory’ Pada Windows 7

Ketika menjalankan berbagai aplikasi di PC secara bersamaan (baca : multitasking), pesan ‘Low Virtual Memory” tak jarang kerap muncul di sebelah kanan bawah. Pesan berupa peringatan memori virtual yang hampir terlampaui tersebut semakin parah kehadirannya di Windows 7 dibandingkan versi Windows lainnya. Hal yang paling mudah dilakukan untuk menghilangkan pesan tersebut adalah dengan mematikan beberapa aplikasi yang tak terpakai.

menghilangkan Low Virtual Memory pada Windows 7

Pesan Low Virtual Memory juga menjadi sinyal ruang hardisk Anda yang sudah tak mencukupi meski sebenarnya masih tersisa banyak. Hal tersebut biasanya terjadi apabila partisi hardisk Anda di drive C: sudah penuh dengan berbagai macam program. Untuk mensiasatinya, Anda bisa mengulangi partisi dengan memberikan ruang yang lebih banyak pada drive C: tersebut.

Tetapi jika Anda merasa mulai terganggu dengan pesan “low Virtual Memory” yang selalu muncul sementara Anda membutuhkan pekerjaan yang multitask di PC Anda yang sesungguhnya tak jadul-jadul amat, maka ada sebuah cara jitu untuk menghilangkan pesan tersebut tanpa partisi ulang.

Caranya adalah dengan menambah virtual memory komputer Anda. Tenang, Anda tidak perlu membeli apa pun atau mengeluarkan uang untuk melakukannya. Fitur penambahan Virtual Memory secara default sudah tersedia di Windows 7.

Artikel berhubungan:  Cara Merubah Ukuran Foto Sesuai Keinginan

Berikut langkah menghilangkan Low Virtual Memory pada Windows 7 :

1. Pada icon ‘My Computer” yang ada di desktop, klik kanan dan pilih Properties.
2. Pilih Advanced System Settings seperti gambar berikut :

cara menghilangkan low virtual memory 1

3. Pada jendela baru, Klik tab Advanced > Settings seperti gambar dibawah :

cara menghilangkan low virtual memory 2

4. Jendela baru akan kembali muncul. Pilih tab Advanced > Change seperti gambar berikut :

cara menghilangkan low virtual memory 3

5. Pada jendela virtual memory, uncheck “automatically manage paging file size for all drivers”.

6. Silahkan atur ruang hardisk yang akan digunakan untuk menampung virtual memory. Masukkan angka pada Initial Size dan Maximum Size dengan nilai yang lebih besar. Rekomendasi nilainya adlaah antara 10000-20000. Klik tombol Set.

cara menghilangkan low virtual memory 4
7. Simpan seluruh setting dengan menekan tombol OK. Restart PC Anda.
8. Seharusnya pesan ‘Low Virtual Memory” tak lagi muncul di komputer Anda.

Selamat mencoba!