Tentang Inject Nomor Pada Android CDMA

Tidak jauh berbeda dengan inject nomor pada Blackberry CDMA, pada handheld Android inject secara prinsip dapat dilakukan di gerai CDMA seperti smartfren. Bedanya, beberapa tipe Android CDMA terkadang tidak bisa diinject oleh orang gerai karena masalah sdm atau memang sulit untuk menginjectnya.

Dalam post kali ini, kita akan membahas permasalahan seputar inject nomor pada Android CDMA secara umum. Saya juga akan menyediakan beberapa link dari sumber-sumber yang dapat Anda simak untuk memperkaya pengetahuan Anda seputar permasalahan ini, baik bagi pemilik atau calon pemilik Android CDMA.

inject cdma1

Infor Dasar Inject Nomor CDMA Pada Android
Secara garis besar, handheld Android yang sebaiknya diinject dengan nomor CDMA lokal adalah yang berasal dari luar negri, seperti verizon, sprint, US cellular, telus dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Sebab handheld dalam negri biasanya ‘dilarang’ untuk diinject dengan operator lainnya. Contohnya hp Android bundle smartfren dilarang untuk diinject dengan nomor esia, juga sebaliknya. Selain aturan kontrak penggunaan nomor pada paket penjualan yang rata-rata diberlakukan, menrubah nomor CDMA dari satu operator lokal ke operator lokal lainnya bukanlah hal yang mudah.

Hingga saat tulisan ini dibuat, operator CDMA dalam negri yang paling direkomendasikan adalah smartfren. Dari segi teknologi, daya saing dan fitur produk, smartfren memiliki berbagai keunggulan dibandingkan operator lainnya. Demikian juga dari sisi sdm dan ‘negotiable’-nya yang lebih mudah.

SPC
Pada beberapa handheld Android CDMA, SPC (serial programming code) harus dicari terlebih dahulu sebelum proses inject dapat dilakukan. Jika pada blackberry spc dapat dicari melalui jasa unlock spc, maka pada android hal tersebut tidak selalu dapat dilakukan. Untungnya, ada beberapa merek yang spc nya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis. Berikut beberapa list penting tentang spc :

Cara menemukan SPC untuk HTC Anroid CDMA
Cara menemukan SPC untuk Samsung Android CDMA

Akey & Min
Dua parameter diatas harus Anda peroleh jika ingin menginject nomor CDMA pada sebuah handheld, termasuk Android. Jika proses inject dapat dilakukan di gerai resmi, maka Anda tidak membutuhkannya. Tetapi jika gerai ‘angkat tangan’ dan tidak mampu melakukan inject, maka meminta akey dan min merupakan salah satu cara agar Anda dapat menginjectnya sendiri.

Artikel menarik:  Pengertian Linux

Menurut aturan main yang berlaku, gerai tidak boleh memberikan informasi akey dan min kepada konsumen secara langsung. Meski demikian, Anda dapat melakukan ‘negosiasi’ dan bujuk rayu kepada petugas untuk tetap dapat memperolehnya. Berdasarkan pengalaman, petugas biasanya akan memberikan informasi tersebut kepada Anda. Alasan pertama adalah karena ia merasa tidak mampu membantu Anda melakukan inject. Alasan kedua karena ia telah termakan bujuk rayu Anda.

Jika tidak berhasil, Anda dapat tetap mendapatkan kedua parameter diatas dari konter-konter yang memiliki ‘kerjasama’ dengan pegawai di gerai resmi.

Bagaimana pun caranya, hanya dengan memiliki akey dan min-lah baru Anda dapat melakukan inject pada handheld Andorid milik Anda.

Software Inject
Berikut beberapa software yang dapat Anda gunakan untuk melakukan inject :
QPST
QXDM
DFS

Tutorial Inject Android CDMA
Dibawah, Anda dapat melihat list beberapa handheld Android CDMA yang dapat diinject sendiri. Silahkan klik link yang kami sediakan :

Tutorial Inject Samsung Epic 4G
Tutorial INJECT SAMSUNG FASCINATE
Tutorial Inject Samsung Galaxy Nexus 4G LTE Verizon
Tutorial Inject Samsung Galaxy S 3
Tutorial Inject SAMSUNG GALAXY SPH-L710
Tutorial Inject Galaxy Note 2 US Cellular dan Galaxy S4 Verizon
Tutorial Inject HTC Rezound aka Vigor
Tutorial Inject HTC EVO 3D
Tutorial Inject SMART On Motorola Droid 2 / Droid 2 Global / Droid X
Tutorial Inject Motorola Electrify MB830 US Cellular Dan Motorola Photon 4G MB855 SPRINT
Tutorial Inject Motorola Asanty XT897 a.k.a Photon Q
Tutorial Motorola Admiral Inject Smartfren
Tutorial Inject LG Viper LS840
Tutorial Inject Xperia Play R800X

Semoga bermanfaat