Tentang File Rar atau Zip yang Error Pada Saat Diekstrak

Kompresi file ke dalam format rar atau zip memang sudah sangat populer di kalangan netter sejak beberapa tahun lalu. Selain karena kedua format tersebut dapat mengecilkan ukuran file yang sebelumnya besar, format rar dan zip pun sangat praktis untuk menggabungkan banyak file atau folder yang ingin dibagikan kedalam hanya satu file saja. Bahkan, dengan sistem kompresi yang lebih advanced, ukuran file dapat dibuat menjadi amat kecil dibandingkan dengan ukuran aslinya atau dipotong menjadi beebrapa bagian dan dapat dikembalikan seperti semula ketika diekstraksi.

Belakangan, ketika koneksi internet semakin kencang dan website penyedia layanan sharing file semakin menjamur, kepopuleran format rar dan zip semakin menggiladan menjadi pilihan utama ketika orang membagikan file melalui internet. Sayangnya, banyak pengguna internet yang kerap mengalami error dalam membaca file rar atau zip yang sudah diunduh ketika melakukan proses ekstraksi.

Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari proses download yang tidak tuntas, file bawaan yang memang sudah rusak ketika dikompres dan lain sebagainya. Untuk penyebab yang pertama (download tidak selesai), jelas file berformat rar tidak akan bisa dibaca ketika diekstrak dan mengeluarkan pesan eror sehingga satu-satunya solusi adalah dengan melakukan download ulang.

Sementara itu, jika penyebabnya adalah karena file yang corrupt, barangkali tips dibawah bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

Baca Juga :  Belanja Hemat 10% di Lazada Setiap Senin Dengan Mastercard

Berikut cara mengatasi file rar atau Zip yang error pada saat ekstraksi :
Program winrar memiliki fitur untuk melakukan pembiaran terhadap file yang dianggap rusak {broken file). Dengan melakukan pembiaran tersebut, maka file lain yang masih bagus dapat diekstrak sehingga tidak menimbulkan pesan error. Untuk melakukan hal ini, Anda hanya perlu memberikan tanda conteng pada “Keep Broken Files” seperti gambar dibawah

ekstaksi

Jika berhasil, maka proses ekstrak akan selesai dengan menampilkan file-file yang masih bagus dan dapat diekstrak.

Untuk memperbaiki file yang rusak tadi, Anda dapat menggunakan menu “repair” yang juga terdapat pada program winrar. Menu tersebut dapat dengan mudah Anda temukan pada bagian atas program winrar. Proses repair ini bisa berhasil dan bisa juga tidak tergantung dari seberapa parah kerusakan file yang ingin diperbaiki.

Jadi, sudah tahu kan sekarang cara untuk mengatasi file rar yang error?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part