Tentang Baterai Blackberry High Capacity

Anda mungkin cukup sering mendengar istilah baterai high capacity atau double power. Anda mungkin sudah melihat barangnya atau malah pernah memakainya? Apapun itu, promosi gila-gilaan dan pasar baterai alternative buat blackberry yang sudah ‘kebanjiran’ (seperti powerbank, mungkin) barangkali salah satu penyebab mengapa baterai jenis ini sangat populer di tengah masyarakat.

Sebagai produk alternatif, baterai high capacity memberikan berbagai macam keuntungan bagi konsumen untuk memilih varian produk sesuai dengan kebutuhannya. Tentu saja jika pemilihan produk dan merk tepat dilakukan. Sebab jika tidak, jangan-jangan permasalahan malah bisa muncul dari benda satu ini.

baterai high capacity 1

Pengertian Baterai High Capacity
Pada dasarnya, baterai high capacity atau double power adalah jenis baterai yang memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan yang seharusnya. Satuan ukuran yang dipakai adalah mAh. Misalnya, baterai original bawaan sebuah tipe blackberry berkapasitas 1000 mAh, maka jenis baterai high capacity bisa memiliki kapasitas hingga sebesar 2000 mAh atau bahkan lebih.

Imbasnya tentu saja adalah pemakaian yang jauh lebih panjang karena daya yang disimpan diatas kertas lebih besar. Selain fitur “umur panjang” tersebut, baterai high capacity biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan baterai original yang berkapasitas lebih rendah. Beberapa merek bahkan menawarkan harga yang hampir menyerupai baterai kw yang murah meriah

Tidak Semua Merk Bagus
Di pasar tanah air, berbagai macam merek baterai high capacity bisa ditemukan, dari yang premium (baca : mahal) sampai yang kelas abal-abal. Dengan demikian, tidak semua merk baterai high capacity bagus. Justru, kebanyakan merk yang beredar terutama yang murah dan yang terlalu heboh gembar-gembornya memiliki kualitas yang sangat buruk. Nah, jika salah memilih, bukan hanya uang yang hilang, sial-sial blackberry tercinta pun bisa ngambek seketika dan menjadi rusak.

Artikel berhubungan:  Apa Itu Keyword Density?

Kelebihan dan kekurangan baterai High Capacity
Berikut kelebihan dari baterai high capacity :
1. Harga lebih murah dan terjangkau dibandingkan original
2. Alternatif baterai original
3. Kapasitas besar = daya tahan baterai lebih awet

Sementara kekurangannya meliputi :
1. Kapasitas baterai yang berbeda dengan yang seharusnya dapat menyebabkan kerusakan pada hardware bb
2. Beragam merk yang beredar terkadang membingungkan konsumen untuk memilih produk yang tepat

Tips Memilih Baterai High Capacity
Untuk menemukan baterai yang tepat, pertimbangannya hanya ada 2, yaitu merek dan garansi yang diberikan. Beberapa merek yang bagus bisa ditemukan seperti HE, Hipppo Power, Alvaro, dll. Seiring sejalan dengan pertimbangan selanjutnya, biasanya baterai high capacity bermerk baik senantiasa memberikan garansi bahkan hingga beberapa tahun.

Berikut beberapa tips memilih baterai double power yang dapat Anda gunakan :
1. Pilih merek yang sudah banyak digunakan oleh pengguna yang lain. Semakin banyak populasi penggunaannya, semakin banyak pula review langsung yang dapat Anda peroleh.
2. Pilih besar kapasitas yang tidak terlampau besar. Usahakan selisih kapasitas tak melebihi 2x lipat dari baterai aslinya.
3. Pilih produk yang memiliki range harga yang masuk di akal, tidak terlalu mahal tetapi tidak teramat murah juga. Terlebih yang harganya menyerupai baterai kw.
4. Pilih produk yang memberikan garansi paling panjang dengan sistem support yang baik.

Pada umumnya, seluruh baterai memiliki masa pakai termasuk baterai high capacity. Berdasarkan pengalaman, masa pakai untuk baterai high capacity sedikit lebih rendah dibandingkan dengan baterai original dan jauh lebih panjang dibandingkan yang abal-abal(dengan perlakuan yang sama).