BeritaSeputar Tekno

Telegram vs WhatsApp

Setelah di ambil alih oleh Facebook pada tahun 2014 silam, pengguna WhatsApp tembus hingga 900 juta pengguna dalam kurun waktu setahun tujuh bulan saja. Sejak itu, pengguna WhatsApp terus bertambah setiap tahunnya sehingga membuat aplikasi yang khas dengan warna hijau itu menjadi layanan perpesanan paling populer. Namun, siapa sangka jika ketenaran WhatsApp mulai menurun karena tersaingi oleh aplikasi messenger baru yaitu Telegram. Maka dari itu, jika disandingkan Telegram vs WhatsApp, siapa yang menurut Anda layak untuk dipilih?

Aplikasi WhatsApp dan centang biru miliknya memang sudah membahana hingga pelosok dunia, tapi belakangan ini kepopularitas WhatsApp lama-kelamaan kian menurun lantaran tersaingi oleh aplikasi messenger Telegram.

Telegram memang dikenal dengan keamanan enkripsi data sehingga tak heran apabila sempat beredar kalau Telegram digunakan oleh sekelompok ISIS untuk berkomunikasi secara rahasia dengan para anggotanya. Bukan hanya itu, tampilannya yang sekilas mirip WhatsApp inilah yang membuat Telegram bisa mengusik kejayaan WhatsApp.

Telegram vs WhatsApp
Apa hanya masalah enkripsi data dan tampilan saja yang membedakan antara kedua aplikasi perpesanan tersebut? Tentu saja tidak karena masih banyak hal lainnya. Berikut ini perbedaan antara Telegram dan WhatsApp yang perlu Anda ketahui:

1. Biaya Layanan
Siapa yang tidak suka dengan gratisan? Pasti semua orang suka bukan. Maka dari itu, Telegram layak untuk dipilih sebab Telegram tidak memungut biaya untuk semua layanannya. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya gratis di tahun pertama dan tahun selanjutnya harus membayar Rp 12.000,00 per tahunnya.

2. Kelengkapan Fitur
Setelah resmi dibekali dengan fitur panggilan suara, maka semakin banyak orang yang melakukan panggilan suara lewat WhatsApp. Jadi, pengguna bisa saling bertelepon ria melalui WhatsApp tanpa perlu khawatir habisnya pulsa. Sayangnya, fitur ini tidak ada di Telegram. Namun, Telegram mempunyai keunggulan lain dibandingkan WhatsApp yaitu Anda dapat mengirim berbagai jenis file hingga 1,5 GB.

Artikel menarik:  Evercoss U60, Smartphone Full Screen Rp 1 Jutaan

3. Keamanan Pesan
Apabila di WhatsApp, Anda akan mengirim pesan lewat server, Telegram justru mengenkripsi pesan dengan fitur Secret Chat. Pesan yang dikirim tersebut tidak akan diketahui oleh server dan hanya bisa dibaca oleh si penerima saja. Mungkin karena inilah, Telegram sering digunakan untuk bertukar pesan antar penjahat atau sekelompok yang merencanakan tindakan terorisme.

4. Ekosistem Aplikasi
Dalam hal ini, tentu saja WhatsApp menjadi juaranya karena aplikasi ini menjadi aplikasi favorit yang sudah tersedia di berbagai platform. Ditambah lagi, sekarang WhatsApp sudah dapat digunakan di dekstop PC dalam bentuk WhatsApp Web.

5. Privasi Pengguna
WhatsApp merupakan layanan perpesanan pertama yang memiliki fitur penambahan kontak otomatis dari nomor telepon penggunanya. Jadi, setiap pengguna yang menyimpan kontak maka akan muncul di WhatsApp bila orang itu juga menggunakan WhatsApp. namun hal ini kadang cukup mengganggu.

Meskipun Telegram melakukan langkah yang sama dengan WhatsApp, tapi Telegram menyediakan fitur username. Jadi, jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui nomor Anda, maka Anda bisa memberikan username saja.