Tao Cafe, Supermarket Tanpa Kasir Buatan Alibaba

Semakin hari semakin banyak saja perkembangan baru di bidang teknologi. Berbagai inovasi perangkat canggih pun bermunculan dari berbagai vendor teknologi. Seakan tidak ingin kalah eksis, Alibaba kembali menunjukkan gebrakannya yang bisa dikatakan sangat fenomenal. Raksasa e-commerce yang dibangun oleh orang terkaya di Tiongkok itu resmi membuka Tao Cafe, sebuah supermarket tanpa kasir.

Tao Cafe, Supermarket Tanpa Kasir Buatan Alibaba

Namun sebelum itu, apabila pengunjung ingin berbelanja di Tao Cafe, maka mereka wajib terdaftar lebih dulu sebagai pengguna Alipay. Hal ini dikarenakan oleh seluruh transaksi akan melalui payment gateway tersebut. Selain itu, pengunjung yang berniat masuk, sebelumnya juga harus memindai kode QR yang terdapat pada aplikasi Taobao. Kemudian, sistem otomatis di Tao Cafe akan langsung mengenali setiap barang yang di ambil oleh pengunjung dan secara otomatis juga akan memotong saldo Alipay pengguna.

Meskipun belum diketahui bagaimana sistem tersebut melakukan pengenalan itu, namun tampaknya Tao Cafe telah dibekali oleh banyak sensor yang tersebar diberbagai sudut toko. Hal serupa juga sudah direncanakan sebelumnya oleh Amazon di toko fisik miliknya. Sedangkan Alibaba sendiri, mereka menargetkan bakal membuka 100 ribu gerai supermarket tanpa kasir dengan teknologi artificial intelligence dalam tiga tahun ke depan.

Artikel berhubungan:  Black Friday 2015 : HawkHost Diskon Hingga 75%

Tao Cafe juga sudah melakukan persiapan matang jika ada pengunjung yang ‘nakal’ atau berniat untuk mencuri produk di dalam supermarket. Jika ada barang yang dengan sengaja disembunyikan, maka sistem langsung dapat mengenalinya dan memotong saldo pengunjung tersebut. Dengan cara memotong saldo secara instan, maka pengunjung juga tidak perlu mengantri panjang karena tidak ada petugas kasir. Pengunjung tinggal berjalan ke luar toko setelah selesai berbelanja.

Selain supermarket, Tao Cafe juga mempunyai foodcourt yang menerapkan sistem serupa. Bedanya, saldo tidak akan langsung terpotong, hingga pengunjung benar-benar akan membayarnya. Rincian makanan yang sudah di ambil pun akan tertera di layar pembayaran. Saat ini, Tao Cafe masih berstatus konsep dan baru di uji coba. Supermarket tersebut berdiri di atas lahan seluas 200 meter yang menjadi bagian dalam Festival Taobao Maker di China.