Tahun & Kenali Bagian-Bagian Komputer

Sobat gaptex, kali ini kita akan membahas permasalahan yang sangat dasar mengenai sebuah perangkat PC dengan mengupas bagian-bagian komputer beserta penjelasan, termasuk komponen-komponen penyusunnya. Tentu saja, bagi Anda yang masih awam tentang hal ini agar tidak lagi gagap teknologi. Hehe. Untuk memudahkan pemahaman, kita akan menggunakan analogi tubuh sebagai pembanding.

bagian-bagian komputer

Perlu diketahui bahwa sebuah perangkat PC (komputer) memiliki banyak bagian pembangun yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.Diistilahkan sebagai hardware atau perangkat keras. Masing-masing bagian berfungsi sendiri-sendiri dan saling menunjang. Artinya, hampir seluruh komponen tidak dapat bekerja secara mandiri.

Berikut bagian-bagian dari sebuah komputer yang wajib Anda ketahui :

1. Motherboard (jantung).
Motherboard adalah jantung dari sebuah komputer. Tanpa motherboard, sebuah komputer tidak bisa ‘berdenyut’ yang berakibat kepada tidak terjadinya aliran darah ke seluruh tubuh. Motherboard berbentuk seperti PCB (papan elektronik) yang berisi berbagai macam slot, aliran rantai arus yang menghubungkan satu bagian dengan bagian yang lain. Selain merek, sebuah motherboard dinilai dari kemampuannya untuk mendukung komponen secara compact dan berkelanjutan. Artinya, sebuah motherboard yang baik harus bisa menampung berbagai macam jenis komponen dan mendukung proses upgrade.

bagian-bagian komputer motherboard

Beberapa merek motherboard (mobo) komputer yang terkenal adalah Asus, Biostar, Gigabyte, ECS, dsb.

2. Prosesor (otak).
Prosesor adalah bagian dari sebuah komputer yang disematkan di motherboard yang berfungsi untuk berpikir. Prosesor bekerja sesuai dengan namanya yaitu memproses semua input yang diberikan kepada komputer, baik oleh operator maupun oleh operating system termasuk berbagai applikasi yang sedang dijalankan. Ukuran kinerja prosesor adalah jumlah (single, dual, tri, quad, okto, dsb) dan kecepatannya (dalam satuan GHz). Semakin banyak inti otak dan semakin tinggi kecepatannya, maka semakin cepatlah sebuah prosesor bekerja.

bagian-bagian komputer prosesor

Beberapa merek prosesor komputer yang terkenal adalah Intel, AMD, VIA, dsb.

3. Memory  (ingatan sementara)
Juga dikenal dengan istilah RAM (random access memory), merupakan bagian vital pada sistem komputer yang berfungsi untuk menampung data sementara yang sedang berlangsung di sebuah komputer. Setiap applikasi berjalan akan disimpan ke dalam RAM, juga dibaca dan diingat. Data di dalam RAM bersifat
sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut. RAM yang mumpuni ditandai dengan kapasitasnya yang besar (dalam satuan gigabytes), sehingga mampu menampung berbagai memory berjalan pada sistem multitasking. Motherboard dan prosesor yang kencang tidak akan berjalan optimal jika RAM yang digunakan berukuran kecil.

Artikel berhubungan:  4 Software Registry Repair Terbaik 2016

bagian-bagian komputer memory

Beberapa merek memory komputer yang terkenal adalah Visipro, Kingston, Apacer, dsb.

4. Hardisk (ingatan permanen) > Cek detailnya disini.
Hardisk atau HD merupakan bagian yang tak kalah penitng dari sebuah komputer. Juga diistilahkan sebagai ROM, yaitu tempat diletakannya file-file (OS, program, dokumen, multimedia) secara permanen yang dapat dibaca, diedit, atau diesekusi. Ukuran hardisk yang umum saat ini adalah gigabytes hingga terabytes.

bagian-bagian komputer hardisk

Beberapa merek hardisk komputer yang terkenal adalah Seagate, WD, Maxtor, Toshiba, dsb.

5. VGA (mata)
VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array, yaitu perangkat keras yang berperan menentukan grafik display pada layar komputer. Semakin tinggi VGA, maka semakin baik pula tampilan yang mampu diberikan. Saat ini, hampir seluruh produsen motherboard menyertakan VGA on-board sehingga pengguna tidak lagi perlu membelinya secara terpisah. Meski demikian, untuk kebutuhan grafis yang tinggi (desain, game, applikasi visual), VGA external merupakan hal mutlak yang dibutuhkan. Satuan VGA card biasanya adalah megabytes meski tak tertutup kemungkinan untuk yang berukuran hingga gigabytes.

Beberapa merek VGA komputer yang terkenal adalah ATI, Nvidia, dsb.

6. Casing (kerangka-kulit)
Casing berdiri atau mendatar dibutuhkan untuk setiap PC sebagai kerangka ‘pembungkus’ sekaligus penyedia power supply. Sementara untuk laptop, casing sudah menyatu dengan bagian lain sehingga tidak tampak sebagaimana casing pada umumnya.

7. Mouse + Keyboard (kaki-tangan)
kedua komponen ini merupakan komponen vital yang harus dimiliki sebuah komputer. Anda pasti sudah tahu kan fungsinya?

Sebetulnya masih ada banyak lagi bagian dari komputer, yaitu optical drive (cd-room), pci, lan card, usb adapter, soundcard, printer, scanner, speaker, monitor, dan lain sebagainya. Meski demikian, semua bagian tersebut rasanya sudah sering terlihat sehingga tidak lagi perlu dijelaskan secara rinci.

So, sudah tahu kan sekarang bagian-bagian komputer dengan lebih jelas?