Speaker Pintar Samsung Saingi Amazon & Google

Perangkat pintar yang sedang booming akhir-akhir ini ialah speaker pintar. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, beberapa perusahaan raksasa teknologi seperti Amazon berhasil mencapai kesuksesan besar berkat adanya speaker pintar miliknya yaitu Amazon Echo. Dengan pencapaian inilah, tidak heran jika perusahaan lainnya berlomba-lomba untuk menghadirkan speaker pintar miliknya.

Speaker Pintar Samsung Saingi Amazon & Google

Sebut saja, Line. Perusahaan teknologi berbasis chatting tersebut telah meluncurkan speaker pintar miliknya yang bertajuk Line Wave. Perangkat ini bisa Anda jadikan sebagai teman ngobrol karena terdapat artificial intelligence sehingga mampu menyaingi Google Home ataupun Amazon Echo. Tak mau kalah, kini Samsung juga dikabarkan tengah menggarap speaker pintar besutannya, menyusul Google dan Amazon.

Menurut sebuah bocoran terbaru dari The Wall Street Journal, Samsung sedang giat mengerjakan sebuah produk smart speaker yang diberi nama kode internal “Vega”. Nama ini diberikan sebab speaker pintar buatan Samsung akan didukung oleh asisten digital berbasis kecerdasan buatan yaitu Bixby.

Walaupun demikian, Samsung tampaknya masih enggan menutup rapat mengenai informasi Proyek Vega tersebut. Namun, apabila rumor ini benar adanya, maka proyek Vega bisa menjadi penantang baru bagi Google Home atau Amazon Echo yang sudah melenggang cantik di pasaran. Keduanya pun merupakan perwujudan dari Internet of Things yang mampu menghubungkan dengan smart device lainnya seperti smart cars, smart home appliances, atau smart offices.

Artikel berhubungan:  Hati-Hati Dengan BBM Palsu di Windows Phone

Berkat adanya kecerdasan asisten digital, Bixby, speaker pintar Samsung itu dapat menyalakan atau mematikan lampu, memberikan informasi cuaca, menyetel thermostat, menyetel musik, hingga mengunci mobil penggunanya.

Pada dasarnya, basis dari smart speaker itu adalah sebuah asisten digital. Apabila Google Home menggunakan Assistant atau Amazon Echo menggunakan asisten Alexa, maka Samsung Vega sendiri diduga kuat menggunakan Bixby. Ada lagi speaker pintar hasil buatan Microsoft yang diberi nama Invoke yang didukung oleh asisten Cortana. Invoke kabarnya akan dirilis akhir tahun ini yang diberi salah satu keunggulan dapat melakukan panggilan lewat Skype.

Selain Microsoft, Apple juga sedang mempersiapkan peluncuran perangkat speaker pintar bernama “HomePod” pada Desember 2017 mendatang. Bahkan, Alibaba Group juga digadang-gadang tengah mengembangkan smart speaker khusus untuk pasar China. Apabila sudah begini, tidak heran jika Samsung pun tertarik mengikuti tren smart speaker melalui Vega.