Berita

Sony Rilis RX0, Kamera Aksi Saingan GoPro

Sudah lama tidak mendengar kabar dari Sony, akhirnya pabrikan asal Jepang tersebut meluncurkan kamera aksi bertajuk RX0. Perangkat ini mengusung kemampuan tahan banting dan anti air sehingga banyak yang mengklaim bahwa RX0 akan menjadi pesaing berat bagi kamera GoPro. Sony mengeluarkan jagoan barunya itu di ajang IFA 2017, Berlin, Jerman.

Menurut Sony, kamera aksi RX0 ialah jenis kamera baru yang memiliki kemampuan action cam lebih tinggi dibandingkan para kompetitornya. Bahkan perusahaan raksasa ini mengatakan jika Sony RX0 masuk ke dalam kelas profesional.
Dari segi ukuran sensor, Sony RX0 memang lebih unggul dari GoPro karena mengandalkan sensor 1 inch. Sementara GoPro, sebagai pesaingnya, memakai sensor ukuran yang lebih kecil. Misalnya pada seri Hero 5 Black, sensor yang dipakai berukuran ½.3 inch.

Sony RX0 sendiri mempunyai dimensi 61 x 40,6 x 30,5 mm dan bobot hanya 110,6 gram. Sebagai kamera aksi, telah sepantasnya jika perangkat tersebut mempunyai fitur tahan air, dan juga Sony membuatnya agar tahan banting yang bisa bertahan kalau dijatuhkan dari ketinggian 2 meter. Bukan hanya tangguh di luar saja, tapi di bagian dalamnya juga memiliki spesifikasi dan kamera mumpuni.

Di dalam Sony RX0 telah tersemat sensor kamera Sony Exmor RS CMOS berukuran 1 inch dengan ISO 12.800 maksimal. Sementara dapur pemrosesan ditangani oleh prosesor BIONZ X yang dapat menghasilkan foto dengan format RAW. Pada bagian depannya, Sony RX0 mempunyai lensa ZEISS Tessar T * 24 mm f/4.

Artikel menarik:  Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Menariknya lagi, kamera tersebut mempunyai shutter speed sampai 1/32000 dengan fitur Anti Distortion Shutter dan dapat menembak hingga 16 fps. Sony RX0 juga mampu merekam video Full HD 1080p pada 60 fps sampai resolusi 4K. Sedangkan untuk perekaman video lainnya termasuk Slow-Mo sampai 960 fps, Preset Focus, MF assist dan Peaking, Picture Profil, fitur Time Code/User Bit, dan S-Log2.

Selain itu, Sony RX0 mendapatkan dukungan penuh untuk menggunakan remote Sony FA-WRC1M, yang mana pengguna dapat mengendalikan 15 kamera Sony RX0 secara bersamaan. Dengan berbagai kemampuan profesional yang dimilikinya, wajar saja kamera tersebut dibanderol harga cukup mahal. Di Eropa, Sony RX0 dijual seharga 850 Euro atau setara Rp 13,4 jutaan dan mulai tersedia pada bulan Oktober 2017 nanti.