Berita

Sony Resmi Merilis Xperia L2, XA2 dan XA2 Ultra

Pada acara akbar CES 2018 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Sony yang merupakan brand asal Jepang merilis tiga smartphone sekaligus, yang dua diantaranya menyasar kelas menengah yaitu Xperia XA2 dan XA2 Ultra. Sedangkan satunya lagi diperuntukkan untuk kelas budget yaitu Xperia L2, yang menjadi penerus Sony Xperia L1.

Sony Xperia L2
Mari kita bahas satu persatu ketiga ponsel anyar dari Sony tersebut. Pertama ialah Xperia L2 yang memiliki layar tipe IPS LCD berukuran 5,5 inch. Resolusinya cukup tajam setara HD 720p dengan kerapatan 267 ppi. Secara keseluruhan, spesifikasi layarnya mampu memanjakan pengguna meski pikselnya masih kurang memadai. Mungkin karena ini ponsel budget yang dibanderol harga murah, sehingga spesifikasinya masih standar.

Sementara itu, di smartphone Sony Xperia L2 dibenamkan chipset dari MediaTek MT6737T quad-core 1500MHz. Kapasitas RAM 3GB yang lumayan layak untuk smartphone kelas menengah ke bawah, sedangkan penyimpanan internalnya sebesar 32GB. Kebutuhan pengguna akan disokong oleh baterai sebesar 3300mAh dan dual-SIM. Perangkat ini juga sudah berjalan pada sistem operasi Android 7.1 Nougat.

Untuk kamera, Sony melengkapi Xperia L2 dengan kamera dengan sensor 13MP di bagian belakang dan 8MP di bagian depan. Perangkat ini didukung teknologi sidik jari demi bersaing dengan rivalnya. Sony Xperia L2 akan tersedia dalam 3 varian warna, yaitu Black, Gold, dan Pink.

Sony Xperia XA2 dan XA2 Ultra
Beralih ke Xperia XA2 dan XA2 Ultra. Kedua perangkat ini menawarkan penyempurnaan dalam hal prosesor. Jika seri pendahulunya menggunakan Mediatek Helio P20 dengan proses fabrikasi 16 nm, duo Xperia XA2 baru akan mengandalkan Qualcomm Snapdragon 630 dengan teknologi 14 nm yang memungkinkan pengiriman data lebih cepat.

Salah satu spesifikasi yang membedakan antara Xperia XA2 dan XA2 Ultra bisa dilihat dari kapasitas baterai. Varian Ultra sedikit lebih besar dengan baterai 3.580 mAh, sedangkan versi standarnya hanya 3.300 mAh. Namun keduanya dilengkapi fitur QuickCharge 3.0 yang bisa diandalkan untuk mengisi 40 persen lebih cepat dari biasanya.

Artikel menarik:  Kamera Mirrorless Fujifilm X-H1 Targetkan Para Videografer

Selain baterai, perbedaan juga muncul dalam hal ukuran. Xperia XA2 menampilkan layar Full HD dengan ukuran layar 5,2 inci. Sementara Xperia XA2 Ultra masih dengan layar Full HD, namun ukurannya 6 inchi. Beberapa spesifikasi lain dari Xperia XA2 adalah RAM 3 GB dengan memori 32 GB yang bisa diperluas dengan memanfaatkan slot microSD hybrid. Artinya, jika Anda memilih untuk menambahkan memori, maka tidak bisa lagi menggunakan dual-SIM.

Xperia XA2 Ultra lebih besar dalam hal kapasitas pendukung kinerja, seperti RAM sebesar 4 GB dan memori bisa dipilih antara 32 GB atau 64 GB. Ada slot microSD khusus untuk menambah kapasitas memori. Kemudian ada beberapa perubahan desain dibanding seri sebelumnya. Kamera utama dipindahkan dari sisi kiri atas ke sisi tengah di bagian belakang. Kamera ini akan berdampingan dengan pemindai sidik jari.

Mengenai fitur fotografi itu sendiri, Xperia XA2 dan XA2 Ultra sama-sama mengandalkan kamera bersensor 23 MP dengan bukaan f/2.0 di sisi belakang. Untuk selfie, kedua perangkat sama-sama mengandalkan kamera 8 megapiksel dengan lensa lebar dan fixed-focus. Bedanya, varian Ultra memiliki dual camera untuk selfie. Selain kamera 8 megapiksel, ada juga kamera 16 megapiksel untuk memotret mod portrait. Untuk ketersediannya, kedua perangkat akan mulai dijual pada bulan Februari 2018.