Sony Patenkan Teknologi “Wireless Sharing” Baterai Antar Ponsel

Jika baterai ponsel Anda habis, pastinya Anda segera mencari sumber listrik untuk mencharge ulang baterainya. Atau bisa juga menggunakan alat powerbank yang kini menjamur dipasaran. Namun, bagaimana bila dalam keadaan darurat Anda tidak membawa powerbank dan alat charger saat berpergian? Permasalahan itulah yang dipikirkan oleh pabrikan raksasa dari Jepang yaitu Sony. Saat ini, Sony menyediakan fitur terbaru yang memungkinkan para pengguna smartphone untuk mengisi ulang baterai ponsel dari perangkat milik teman. Teknologi anyar ini baru saja dipatenkan Sony yang prosesnya sudah dari tahun 2016 lalu.

Sony Patenkan Teknologi “Wireless Sharing” Baterai Antar Ponsel

Teknologi itu sebenarnya hampir sama dengan kemampuan Wireless Charging saat ini. Namun kendalanya, wireless charging belum bisa membuat ponsel jauh dari dock charger dan berpergian ke manapun Anda mau. Oleh sebab itu, Sony membuat teknologi Wireless Charging lebih fleksibel yaitu dengan memungkinkan smartphone dapat mengisi baterai smartphone lain secara nirkabel.

Hak paten yang telah di urus Sony sejak tahun lalu itu memungkinkan para pengguna tidak perlu repot lagi untuk membawa powerbank. Yang Anda perlukan hanyalah mencari smartphone teman yang siap dimintai pertolongan. Anda bisa mencarinya seperti sedang mencari WiFi. Setelahnya, Anda dapat mendekatkan kedua perangkat tersebut untuk saling berbagi kapasitas baterai.

Artikel berhubungan:  Ini Dia Tampilan Baru Dari Nokia 3310 Yang Resmi Hadir di Barcelona

Kemampuan tersebut memanfaatkan fitur NFC atau Near-Field Communication. Seperti yang telah diketahui, fitur NFC ini telah banyak disematkan pada smartphone dari kelas bawah hingga kelas atas yang berguna untuk berkomunikasi dengan perangkat sekitarnya, bisa juga untuk melakukan pembayaran dengan dompet digital. Dalam paten Sony tersebut, NFC akan digunakan untuk sebuah perangkat smartphone menyerap power dari ponsel lain.

Beberapa netizen dan pengguna smartphone di dunia ada yang setuju dan ada pula yang mencipir paten ini. Untuk yang pro dengan Wireless Sharing dari Sony mengatakan bahwa fitur terbaru itu sangat bagus untuk sarana tolong menolong dan mempertemukan beberapa pengguna smartphone untuk berinteraksi di dunia nyata. Sementara yang kontra, menyebutkan paten ini bisa dimanfaatkan untuk mencuri kapasitas baterai ponsel lain yang sedang berada dekat dengan smartphone kita. Semoga saja di masa depan, paten tersebut tidak dimanfaatkan untuk berbuat curang. Jika niatnya positif, pasti sangat berguna bagi baterai nya yang sedang low-bat dan benar-benar membutuhkan pertolongan.