Smartphone Dual Sim Itu Lebih Hemat Daripada Single Sim?

Pasar ponsel pintar saat ini dibanjiri oleh tipe dual simcard dimana satu hape bisa digunakan untuk dua nomor secara bersamaan, baik GSM-GSM maupun GSM-CDMA. Beberapa merek ternama seperti Lenovo, Sonny, Nokia bahkan Samsung pun ramai-ramai membuat ponsel versi dualsim agar mampu bersaing di pasar yang makin kompetitif. Faktanya, ponsel bersim ganda memang laris manis bak kacang goreng alias sangat diminati.

hemat dualsim

Bagi pengguna, ponsel pintar dual-sim ternyata dapat dioptimalkan pemakaiannya, tak hanya sebatas fleksibilitas dua nomor dalam satu perangkat belaka. Lebih dari itu, ponsel dualsim ternyata juga dapat membuat kantong kita lebih terjaga dari pengeluaran reguler setiap bulan.

Begini triknya…

Seperti yang kita tahu, sudah sejak beberapa tahun belakangan perang harga antara operator seluler tanah air berlangsung semakin sengit dan tajam ditengah kebutuhan koneksi data internet masyarakat yang semakin tinggi. Untuk meraup pelanggan baru, hampir seluruh operator menjual perdana dengan iming-iming bonus ‘wah’ dan luar biasa murahnya. Hal tersebut tentu saja tidak bisa diperoleh oleh pelanggan reguler.

Disanalah celah yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menghemat pengeluaran belanja pulsa setiap bulan. Kartu-kartu perdana baru dapat digunakan dengan sistem ‘sekali pakai’, yang dibuang saja ketika habis untuk diganti dengan yang lain.

Pada ponsel dual-sim, keberadaan slot tambahan dapat dimanfaatkan untuk menyimpan nomor pemilik yang reguler digunakan sebagai kontak utama untuk berkomunikasi seperti telpon atau sms secara normal.

Menghemat pengeluaran koneksi data internet tanpa menambah ponsel, itulah kira-kira yang dapat digunakan ponsel dualsim. Kelebihan yang tidak dimiliki oleh smarphone sim tunggal.

Artikel berhubungan:  Apa itu Internet.org?

Sebagai contoh, berikut beberapa perdana ‘sekali pakai’ yang dapat digunakan untuk berhemat :

1. Internet Murah TRI.
2. XL – xl mengeluarkan perdana XL HotRod 3,6 G / 3 Bulan. Kuaota pemakaian yang didapatkan adalah 1,2 GB 24 jam setiap bulan selama 3 bulan tanpa perlu isi pulsa. Harga jual perdana ini Rp.35rb-50rb saja. Bandingkan dengan tarif langganan reguler yang RP. 25rb per bulan hanya untuk 600 MB saja atau Rp. 49rb per bulan untuk kuota 1,5 GB. Keduanya memang memiliki tambahan kuota yang sayangnya hanya berlaku setelah jam 12 malam.
3. Simpati – perdana baru bernama Simpati Loop yang harganya 3.000 (dapat pulsa 3.000) menawarkan paket data yang murah meriah contohnya paket Maxi Loop Rp.49rb/30Hari 2GB. Sementara paket kartu reguler yang nilainya sama Rp. 50rb per bulan hanya memberikan kuota sebesar 1,2 GB saja selama 30 hari. Hampir 2x lipat, bukan?
4. Flexi – untuk network CDMA, ada perdana Flexi BROADBAND EVDO 3.1MBPS FREE 2 bulan internet unlimited. Harga perdana ini hanya berkisar antara Rp. 35rb-50rb saja.
5. Lain-lainnya. Hampir seluruh operator menawarkan fitur yang serupa dengan nomor 1, 2 dan 3 diatas.

Cek harga termurah perdana internet semua operator disini.

So, konsumen bijak harus cerdas, bukan?
Untuk mendapatkan tips & trik terbaru lainnya seputar gadget & teknologi, silahkan like facebook kami.
Semoga bermanfaat!