Berita

Singapura Menjadi Negara 4G LTE Tercepat Saat Ini, Indonesia Peringkat Berapa?

Trend 4G LTE tengah menggandrungi para pecinta internet. Mungkin sebagian masyarakat dunia sudah menikmati koneksi super cepat tersebut. Namun banyak juga negara yang belum kebagian jaringan 4G LTE atau baru akan mencoba menggunakan koneksi internet mobile yang katanya tercepat ini.

Singapura Menjadi Negara 4G LTE Tercepat Saat Ini, Indonesia Peringkat Berapa

Tak dipungkiri, terhubung dengan koneksi internet super cepat adalah dambaan bagi semua orang pengguna laptop atau smartphone. Bagaimana tidak, dengan koneksi internet super cepat ini kita bisa nyaman melakukan streaming video atau main game online. Saat ini, 4G LTE menjadi salah satu koneksi internet paling cepat. Makanya tidak heran bila operator seluler di Indonesia berlomba-lomba menghadirkan layanan 4G LTE ini, sehingga telah ada enam provider jaringan 4G LTE yaitu XL Axiata, Telkomsel, Indosat, Smartfren, Bolt, dan Tri. Menurut kalian yang mana paling oke? Tapi, tahukah kamu peringkat berapa Indonesia di jajaran negara yang punya koneksi 4G LTE tercepat?

OpenSignal, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, telah mengumpulkan data mengenai kualitas sintal operator seluler di seluruh dunia. Perusahaan itu baru saja merilis laporan terbaru mengenai negara dengan koneksi 4G LTE tercepat. Dari laporan ini, Singapura menduduki peringkat pertama dengan koneksi 4G LTE 45,86 Mbps, mengalahkan sang juara bertahan Korea Selatan yang cuma 45,77 Mbps.

Artikel menarik:  WhatsApp Business Resmi Tersedia di Indonesia

Namun bila dilihat dari jangkauan daerah 4G LTE, Singapura masih kalah oleh Korea Selatan dengan 95,71 % wilayah Korsel yang telah terjangkau koneksi 4G LTE, sedangkan di Singapura masih 82,61%. Lalu, apa kabar dengan Indonesia?

Indonesia harus berbangga hati karena kita masuk ke dalam 100 besar Negara yang memiliki koneksi internet super cepat ini. Menurut OpenSignal, 4G LTE Indonesia berada diperingkat ke-74 dengan rata-rata 8,79 Mbps. Sementara cakupan wilayah yang terjangkit 4G LTE baru mencapai 58,84%. Sebenarnya Indonesia telah meningkatkan koneksi internet 4G LTE tersebut. Namun, sepertinya kita terlambat dengan negara-negara lain yang lebih dulu mengembangkan teknologi internet super cepat ini. Wah sepertinya, operator seluler Indonesia harus lebih berusaha lagi ya.