Siap-Siap Registrasi Ulang Nomor HP Anda Tahun Depan

Desas-desus mengenai pengetatan peredaran nomor perdana yang beredar di pasar memang sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Pasalnya, jumlah nomor perdana prabayar ponsel yang beredar sudah terlampau banyak dan tak terkontrol. Ujung-ujungnya, bukan saja persaingan yang tidak sehat terjadi, tingkat keamanan pengguna dan pengawasan pun ikut carut-marut.

Siap-Siap Registrasi Ulang Nomor HP Anda Tahun Depan

Jika Anda masih ingat dengan harga perdana sekitar 7-8 tahun lalu yang cukup mahal, begitulah kira-kira regulasi kartu perdana yang akan dibuat mulai tahun depan. Rencananya, pemerintah akan memperketat sistem registrasi untuk pelanggan kartu SIM prabayar baru mulai Agustus 2014. Bagi pengguna lama, registrasi ulang nomor HP harus dilakukan mulai Maret 2015.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyampaikan bakal memberi sanksi untuk pelanggan yg tidak lakukan registrasi ulang berupa blokir. Dengan demikian, kartu SIM tak bisa dipakai untuk lakukan panggilan keluar maupun kirim SMS, meskipun tetap dapat menerima panggilan maupun SMS masuk.

Langkah ini dijalankan untuk menaikkan akurasi data pelanggan hingga bisa menekan angka penyalahgunaan serta kejahatan lewat fasilitas komunikasi, termasuk penipuan maupun aksi spamming yang sangat mengganggu.

Artikel menarik:  5 Smartphone Android Tahan Air Terbaik 2017

Diluar itu, berdasarkan identitas yang akurat itu, operator seluler bisa menolong proses hukum atas laporan kriminil lewat fasilitas telekomunikasi.

Nanti, pelanggan tak akan diizinkan lakukan registrasi sendiri dengan kirim pesan singkat ke 4444. Sbg gantinya, registrasi kartu SIM baru maupun registrasi ulang pemakai kartu SIM lama cuma dapat dikerjakan oleh pihak penjual, outlet dari distributor, maupun gerai yang dimiliki operator seluler, berdasar KTP pelanggan.

Operator seluler juga diharuskan melengkapi diri dengan distribution monitoring sistem jadi informasi tentang outlet atau gerai yang didatangi untuk registrasi pelanggan itu bisa di ketahui semaksimal mungkin.

So, kita tunggu saja tanggal mainnya.