Seluk-Beluk & Pengertian DMCA

Sobat gaptex, Anda pasti sering melihat sebuah widget yang banyak disisipkan pada sebuah halaman blog atau website yang bernama “DMCA”. Jika Anda tidak tahu apa fungsi, manfaat dan pengertiannya, maka kita akan membahasnya kali ini secara lengkap.

Seluk-Beluk & Pengertian DMCA

Pengertian DMCA
DMCA yaitu singkatan dari Digital Millenium Copyright Act yang disebut suatu langkah serta jalan keluar untuk perlindungan content situs (blog) yang mempunyai hak cipta supaya tak terjadinya pencurian konten atau pembajakan konten oleh oknum spesifik. Jadi dengan DMCA, Anda bisa melindungi konten blog milik Anda. Selain konten tulisan dan gambar, DMCA juga melindungi semua file yang berformat digital yang dipublish ke dunia maya.

Cara Mendaftar DMCA
Untuk membubuhkan widget/badge DMCA pada blog, Anda perlu mendaftarkannya terlebih dahulu. Alamat untuk mendaftarkan adalah di DMCA.com

Anda bisa memilih paket perlindungan yang diinginkan. Tersedia 2 macam tipe akun, yaitu free dan pro. Untuk versi pro, biaya yang dikenakan adalah sekitar $10 per bulan atau $100 per tahun. Pada versi berbayar ini, seluruh proses klaim konten (takedown) akan dikerjakan oleh DMCA. Sementara itu pada akun gratis fitur ini tidak tersedia.

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Virus Shortcut

Untuk mendaftarkan website secara GRATIS, lihat gambar berikut :

daftar dmca– Klik disini. Isilah data yang diminta. Untuk “company name” isilah dengan nama website Anda
– Setelah mengisi data pencet “submit”
– Pasang kode badge yang diberikan ke website Anda.
– Anda akan memperoleh 1 DMCA Takedown setiap tahun secara cuma-cuma.

Manfaat DMCA
Dengan memasang badge DMCA di blog atau website Anda, maka secara tidak langsung Anda sudha memberikan peringatan akan perlindungan konten yang Anda miliki. Jika suatu ketika Anda menemukan indikasi pencurian konten (copy paste) di tempat lain, maka Anda dapat melaporkan hal ini agar konten tersebut dihapus (takedown). Untuk detail cara kerja dan fitur DMCA, silahkan langsung simak di website resmi mereka disini.

Semoga mencerahkan.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part