Seluk Beluk Jaringan Komputer

Bagi sebagian pemula dalam komputerisasi, istilah jaringan komputer akan menjadi sangat asing di telinganya. Namun di zaman modern ini, istilah jaringan komputer harus dikenal dan dipahami maknanya. Karena akan sangat penting untuk bisa menunjang segala kegiatan multimedia yang dilakukan oleh manusia. Secara harfiah, jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat bekerja bersama-sama. Sistem ini kemudian dapat digunakan dalam berbagai tujuan seperti sebagai sarana komunikasi, akses informasi, menerima maupun memberikan layanan, dan lain sebagainya.

Seluk Beluk Jaringan Komputer

Pengertian secara mudah dari jaringan komputer adalah satu bentuk jaringan yang berhubungan dengan sistem yang saling mendukung fungsi satu sama lain antara komputer satu dengan lainnya. Manfaat jaringan komputer menyangkut berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah sebagai bentuk pertukaran data, mempermudah komunikasi atau transaksi dengan jarak yang jauh, dan lain-lain. Kegunaan yang begitu global ini bisa Anda manfaatkan untuk bisa berkomunikasi bertukar hingga mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dengan seseorang yang mungkin belum Anda kenal sebelumnya.

Semakin berkembangnya dunia teknologi membuat jaringan komputer kini kian lengkap dan mendekati sempurna. Beberapa perangkat yang bisa dihubungkan dengan sebuah komputer yang memiliki fungsi terbatas sehingga bisa berfungsi ganda. Beberapa perangkat tersebut seperti printer, telepon genggam, telepon rumah, perangkat komputer lainnya, headset, tablet, dan perangkat elektronik lainnya. Dalam hubungan antar perangkat jaringan komputer ini akan dikenal dengan pembagian jenis. Jaringan komputer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yang diklasifikasikan menurut jarak jangkauan, fungsi, topologi dan transmisi. Lihat : Macam Jaringan Komputer.

Artikel menarik:  Pengertian BSD dalam Dunia Software

Karena jaringan komputer merupakan satu hubungan yang abstrak, hubungan ini dibagi menjadi LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network) berdasarkan jarak jangkauannya. Untuk jenis lainnya, jaringan komputer dibagi dalam Client – Server dan Peer-to-Peer berdasarkan fungsinya. Beberapa jenis yang lainnya juga menggambarkan bagaimana jaringan komputer bisa saling terhubung dan memungkinkan adanya transfer data. Ketika Anda telah sepenuhnya mengerti mengenai pengertian jaringan komputer, tentu Anda dapat memanfaatkan sekian banyak keuntungan dari hubungan ini.