BlackberryTips & Trik

Seluk-Beluk Blackberry Nuked

Jika Blackberry Anda memiliki gejala yang tak biasa, yaitu terus-menerus mengulang proses booting dengan LED indikator yang menyala sebentar diikuti dengan jam pasir dan restart kembali dengan sendirinya, bisa jadi Blackberry tersebut mengalami Nuked. NUKED sendiri merupakan kondisi klasik dan biasa terjadi dari OS Blackberry yang dipicu oleh beberapa faktor.

Seluk-Beluk Blackberry Nuked

Berikut beberapa penyebab yang dapat membuat sebuah perangkat Blackberry ter-Nuked :
1. Versi OS yg tidak sesuai. Biasanya terjadi sesaat ketika proses upgrade OS dilakukan. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan kembali downgrade atau cari versi lain dari OS yang sesuai.
2. Proses Install Operating System yang gagal atau putus di tengah jalan. Biasanya karena mati lampu atau terjadi masalah/hang pada PC.
3. Themes dan applikasi yang tidak bagus. Beberapa applikasi dan themes, terlebih yang didapatkan dari sumber kurang terpercaya dapat menyebabkan NUKED.
4. Kerusakan baterai. Daya pada baterai yang lemah atau drop dapat menyebabkan BB ter-nuked. Biasanya setelah penggantian baterai, kondisi Nuked akan teratasi secara otomatis.

P3K Nuked Pada Blackberry
Sebagai pertolongan pertama BB nuked, lakukan langkah berikut : cabut baterai, simcard dan memory card. diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum mencolokkannya kembali. Ada baiknya, memory card tidak disertakan dalam reboot pertama. Jika reboot berhasil barulah ulangi kembali dengan menyertakan memory card. Sebagai informasi, hampir seluruh masalah klasik pada Blackberry dapat diatasi dengan cara mencabut baterainya.

Solusi Nuked
Nuked bukanlah ‘kiamat’ karena faktanya hampir 80% BB nuked dapat diselamatkan. Anda akan memerlukan beberapa tools dan persiapan sebelum mereparasi BB nuked. Berikut video berisi tutorial untuk mengatasi Blackberry nuked :

Semoga bermanfaat!