Selamat Tinggal #Nokia!

Microsoft Lumia 535 yang baru saja dirilis menjadi penanda sekaligus lonceng kematian bagi brand “Nokia”. Mulai saat ini, Microsoft memutuskan tak lagi menggunakan nama Nokia pada ponsel-ponselnya. Seperti yang kita tahu, Microsoft adalah pemilik Nokia setelah mengakuisisinya sejumlah USD 7 miliar pada medio 2014 lalu.

Selamat Tinggal #Nokia!

Keputusan Microsoft ini memang sudah direncanakan sejak lama. Tanda-tanda itu dapat dilihat dari Nokia X yang dibumihanguskan. Microsoft merasa akan berlari lebih kencang di persaingan smartphone dengan meninggalkan brand Nokia.

Kabar ini dengan cepat meramaikan rilis berita di media massa online. ‘Microsoft Bins Nokia Name With New Smartphone’ tulis media asal Inggris The Guardian dan ‘Nokia Phones Are Dead’ sebagai judul dari Business Insider.

Nokia & Nostalgia
Kembali ke beberapa tahun lalu pada era keemasan OS Symbian, siapa yang tak kenal Nokia? Perusahaan asal Finlandia adalah rajanya ponsel, baik feature phone maupun smartphone. Nokia merupakan merek yang selalu diincar.

Penurunan popularitas Nokia pertama kali diakibatkan oleh munculnya OS yang lebih baru dari Symbian, yaitu iOS dan Android. Sayangnya, Nokia sperti stuck saat merek lain berlomba-lomba menghadirkan tipe-tipe anyar yang canggih.

Artikel berhubungan:  Meizu A5 Meluncur, Entry-Level Powerful!

Setelah beberapa tahun bertahan dengan menjual ponsel-ponsel murah untuk pengguna medium-low-end, Nokia pun dilahap oleh Microsoft yang saat itu berambisi untuk mengalahkan Android. Berbagai seri Nokia dengan OS Windows berjudul Nokia Lumia pun diluncurkan, sebagian menuai sukses, sebagian yang lain gagal total.

Langkah ekstrim kemudian ditempuh oleh Microsoft dengan meluncurkan Nokia ber-OS Android, tetapi langsung cepat dikoreksi dengan mengembalikan komitmen hanya menggunakan OS Windows saja pada produk mereka.

Kini, Nokia secara resmi sudah dihilangkan sama sekali. So, goodbye Nokia and welcome Nicrosoft Lumia!