Sejarah Penemuan Komputer Meja (Desktop PC)

Komputer meja masa kini sring kali dikaitkan dengan kata sifat yang digunakan dalam pemasaran mesin itu—“mengilap”,”cerdas”, dan “berteknologi tinggi”__dan dioperasikan oleh kutu buku dan orang genius seperti Bill Gates dari Microsoft serta Steve Jobs dari Apple. Tidak seperti ciptaan sederhana yang tercipta dalam semalam, komputer meja masa kini merupakan langkah terkini sebuah perkembangan yang evolusioner dan bertahap. Sebagian orang menghubungkan komputer tertus dengan mesin yang terlihat industrial yang mengisi ruangan dan menghitung sebuah soal dengan lambat pada 1940-an dan 1950-an. Seiring perjalanan waktu, komputer menjadi semakin kecil dan lebih cepat dalam menghitung sampai komputer meja muncul pada awal tahun 1989-an.

Sejarah Penemuan Komputer Meja (Desktop PC)

Ada dua jenis komputer. Pertama adalah komputer analog. Komputer analog melakukan perhitungan berdasarkan kuantitas yang terus berubah-ubah seperti suhu, kecepatan dan berat. Komputer analog tidak menghitung, melainkan “memperhitungkan” suatu benda dengan mengukur benda lainya.

Komputer modern pertama diakui sebagai ciptaan Vannevar Bush, seorang insinyur listrik dari Massachusetts Institue of Technology pada 1930-an. Komputer adalah apa yang dibutuhkan olehnya dan timnya : sebuah jawaban atas pertanyaan tentang cara mengurangi tugas yang menghabiskan banyak waktu untuk memecahkan persamaan matematika yang diperlukan untuk memecahkan masalah teknik. Membuat proses pemecahan masalah menjadi otomatis adalah tujuan mereka. Akhirnya, pada 1936 mereka memperkenalkan “pembuat analisis diferensial”.

Beratnya 100 ton, memiliki 150 motor, dan ratusan mil kabel. Merupakan usaha dan peralatan yang banyak untuk memperoleh pencapai demekian. Benda ini dikirakan 100 kali lebih cepat dibanding operator manusia menggunakan kalkulator meja. Meskipun sangat sukses pada masanya, pada 1950-an banyak tugas yang paling rumit yang dilakukan oleh komputer analog diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih akurat oleh digital. Meskipun demikian, komputer analog saat ini masih digunakan untuk perhitungan ilmiah dan navigasi pesawat ruang angkasa, di antara berbagai kegunaan lain.

Jenis kedua adalah komputer digital yang telah disebutkan di atas. Kompueter ini bisa diprogram dan memproses angka serta kata-kata dengan akurat dan dalam kecepatan yang luar biasa. Harus diperhatikan bahwa komputer digital berkembang dengan alasan yang sama seperti komputer analog: pencarian alat yang bisa menghemat tenaga. Meskipun mesin penghitung telah tercatat sampai zaman abakus di abad ke-5 SM dan kerikil yang digunakan oleh pedagang di Roma untuk menghitung, tidak satupun di antara alat kuno ini bersifat otomatis.

Diperlukan Revolusi Industri pada awal tahun 1800-an untuk memunculkan kebutuhan mesin hitung cepat yang bebas dari kesalahan. Ini karena revolusi teknologi mulai mengotomatiskan tugas yang berabad-abad sebelumnya diselesaikan oleh manusia. Orang pada umunya terlalu lambat dan terkadang melakukan kesalahan.

Artikel menarik:  Pengertian Brainware

Salah seorang yang tidak menyukai kesalahan adalah Charles Babbage memproduksi model kecil dari “mesin pembedanya”. Mesin itu menggabungkan dan mencetak tabel matematis ketika pengguna menggerakan tuas dibagian atas mesin.

Mesin itu tidak pernah diproduksi secara masal, tetapi saat itu Babbage telah menyelesaikan “mesin analitisnya”, sebuah mesin otomatis, yang dapat diprogram, yang melakukan berbagai jenis fungsi aritmatika. 20 tahun kemudian, teknologi itu membantu pemerintah AS menyelesaikan data sensus. Evolusi komputer digital tidak terlepas dari keterkaitan dengan perang dunia ll dan peristiwa dunia inilah yang memperhatikan komputer digital, dipadu dengn kepandaian penggunanya, membalikkan gelombang perang. Colossus adalah komputer khusus yang dibangun oleh pihak Inggris untuk memecahkan kata sandi Jerman.

Kalkulator “bisa diprogram” pertama yang diketahui secara luas muncul pada januari 1943 dan berukuran panjang 51 kaki berat 5 ton, dan memiliki 750.000 bagian. Mesin ini, yang disebut Harvard Mark l, dikembangkan oleh Howard H.Aiken dan timnya di Harvard University dengan sokongan dana IBM. Mesin ini bisa melakukan tugas penjumlahan dan perkalian yang, menurut standar masa kini, relatif lambat.

Karakteristik terpenting dalam benda yang bisa benar-benar disebut komputer adalah kemampuan menyimpan program. Komputer dengan penyimpanan program yang beroperasi penuh pertama diperkenalkan di Cambridge University pada mei 1949.

Komputer komersial AS pertama muncul pada maret 1951 dan memiliki 1.000 kata `12-digit dalam memorinya serta bisa melakukan 8.333 penjumlahan atau 555 perkalian perdetik. Mesin ini memiliki 5.000 tabung dan mengisi tempat seluas 2000 kaki persegi di lantai, jauh lebih kecil dari ukuran mesin serupa hanya beberapa tahun sebelumnya. Biro Sensus AS adalah pelanggaran pertama yang membeli komputer. Komputer IBM pertama memasuki produksi di Poughkeepsie, New York. Pesanan pertama di antarkan pada mei 1953. Sebanyak 19 kompueter dijual sekaligus, masing-masing mampu melakukan 2200 perkalian per detik.

Seperti ungkapan, sisanya adalah sejarah. Komputer meja masa kini lebih cepat, lebih kecil, memiliki memori lebih besar, dan bisa melakukan jauh lebih banyak fungsi dibandingkan pendahulunya__berkat penciptaan mikrocip.

Komputer kini berperan penting dalam berbagai segi kehidupan kita dan perannya semakin meningkat dalam cara kita hidup dan berinteraksi. Potensi interaktif ini berkembang dengan tumbuhnya Internet, di mana orang dan komputernya terhubung dengan orang lain dan komputer mereka seluruh dun