Samsung Tizen Generasi Kedua Siap Dirilis

Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan Galaxy Note 7, dalam waktu dekat, Samsung akan kembali merilis smartphone anyar yang diberi nama Samsung Z2. Rencana tersebut tinggal menghitung hari, sebab kabarnya Samsung Z2 bakal dirilis pada 11 Agustus 2016. Berbeda dengan perangkat lain, Samsung tidak membekalinya dengan Android, tetapi dengan sistem operasi Tizen. Dan yang menarik, harganya disebut-sebut tidak akan sampai Rp 1 Juta.

Samsung Tizen Generasi Kedua Siap Dirilis

Seperti halnya Samsung Z1, seri terbaru ini kemungkinan dijual terbatas di beberapa negara saja. Salah satu alasannya mungkin karena perangkat ini termasuk smartphone entry level, tampak dari RAM-nya yang sebesar 1 GB. Menurut informasi yang beredar, negara yang pasti menjadi pasar Samsung Z2 adalah India, mengingat pendahulunya diterima dengan baik di sini. Belum ada kabar yang mengatakan bahwa smartphone ini akan masuk Indonesia.

Apa Itu Tizen?
Berbicara tentang sistem operasi pada smartphone, yang terlintas di benak kita adalah nama-nama besar seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Pada tanggal 3 Juni 2014, Samsung memperkenalkan sistem operasi baru yang bernama Tizen melalui Samsung Z. Berdasarkan sebuah riset, Tizen berhasil mengalahkan BlackBerry sehingga saat ini menempati urutan keempat sebagai sistem operasi ponsel pintar favorit.

Tizen merupakan sistem operasi open source yang tidak hanya digunakan untuk smartphone saja, tetapi juga perangkat lainnya, seperti wearable device, personal computer, tablet PC, notebook, dan lain-lain. Secara historis, Tizen awalnya bernama Meego yang merupakan gabungan dari Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Oleh karena lebih berfokus pada Windows Phone, Nokia meninggalkan Meego dan Samsung mengambil alihnya dengan nama Tizen.

Baca Juga :  Charging Baterai Super Cepat Huawei : 5 Menit Charging, 10 Jam Bicara

Samsung berpendapat bahwa Tizen berpeluang besar sebagai sistem operasi smartphone. Melalui kerja sama dengan Linux yang sifatnya open source, Samsung memprediksi bahwa suatu hari nanti keberadaan Tizen akan melebihi Android dan iOS. Vendor asal Korea Selatan tersebut telah melakukan uji coba Tizen pada seri Samsung Z. Untuk lebih dikenal publik, Tizen masih membutuhkan waktu untuk bersosialisasi.

Samsung telah dikenal dengan baik sebagai produsen smartphone kelas low-end dan high-end. Dengan demikian, dukungan Samsung sebagai vendor raksasa melengkapi peluang Tizen untuk semakin berkembang di masa yang akan datang. Meski masih menjadikan Android sebagai prioritas utama, Samsung menjadikan Tizen sebagai bagian pengembangan bisnis, apalagi penggunaannya tidak terbatas smartphone saja, tetapi juga berbagai perangkat lainnya.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part