Samsung Rilis Tizen Z4, Harga Rp 1 jutaan

Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan yaitu Samsung, kembali menghadirkan perangkat baru dipekan ini. Namun, bukan ponsel seri Galaxy seperti biasa melainkan smartphone yang berbasis sistem operasi buatannya sendiri, Tizen. Anggota baru dari keluarga Tizen ini diberi nama Samsung Z4 karena telah menggunakan OS Tizen terbaru versi 3.0. Ponsel ini juga merupakan upgrade dari generasi sebelumnya, Samsung Z2.

Samsung Rilis Tizen Z4, Harga Rp 1 jutaan

Samsung Z4 merupakan model entry level yang khusus ditujukan untuk pasaran negara berkembang seperti Indonesia dan India. Layarnya berukuran 4,5 inch dengan resolusi WVGA 800 x 480 pixel. Dapur pacu dari smartphone ini bisa dikatakan cukup tangguh berkat prosesor Quad-Core 1,5 GHz yang dipadukan dengan RAM 1 GB.

Selain itu, Samsung Z4 juga telah dilengkapi oleh kamera depan beresolusi 5 MP aperture f/2.2 dan LED Flash. Untuk dapat melakukan selfie dengan proses cepat, Anda hanya perlu mengarahkan telapak tangan ke depan layar, atau sekedar berkata “cheese” pada smartphone. Kemudian, fitur Auto Selfie dapat secara otomatis mengenali wajah sehingga bisa langsung mengambil foto selfie tersebut.

Untuk bagian kamera belakangnya, Samsung Z4 sama-sama beresolusi 5 MP dengan dual-LED Flash. Ponsel ini didukung fitur cepat, seperti Quick Torch, Quick Talk, Quick Launch pada kamera, dan Quick Switch. Konektivitas mumpuni lainnya adalah WiFi, dual SIM 4G, teknologi VoLTE, dan kapasitas bateri 2.050 mAh.

Artikel berhubungan:  IDOS, Sistem Operasi Lokal dari Advan

Pabrikan Korsel tersebut telah meluncurkan Z4 untuk pertama kalinya di India. Harga yang dibanderol pun cukup murah yakni 5.790 rupee atau sekitar Rp 1,2 juta. Namun belum diketahui negara mana lagi yang akan didatangi oleh Samsung Z4 ini. Sementara di Indonesia sendiri, Samsung juga turut memasarkan ponsel berseri Z.

Samsung Z4 merupakan generasi keempat dari jajaran smartphone Tizen buatan Samsung. Sebelumnya sudah ada Samsung Z1, Z3 dan Z2. Uniknya, Samsung tidak meluncurkan ketiganya secara berurutan berdasar denga angka. Pertama, Z1 meluncur pada 2015 dan setelah itu, Samsung langsung melompat ke Z3 pada Oktober 2015. Kemudian, barulah Z2 yang di umumkan pada Agustus 2016.